Langkah – Langkah Menampilkan Presentasi Cerdas dan Meyakinkan

Cara Presentasi

 

Banyak orang ketika mendapatkan kesempatan melakukan presentasi, merasa bingung harus melakukan apa. Alih-alih sudah melakukan persiapan, namun terkadang hasilnya belum memuaskan. Presentasi yang ditampilkan tidak menarik dan kurang mendapat perhatian dari audiens.

Jika Anda mengalami hal tersebut, saya punya solusi buat Anda. Saya akan tunjukkan bagaimana langkah-langkah menampilkan presentasi secara cerdas dan meyakinkan. Langkah-langkah tersebut saya bagi dalam tiga tahap yaitu, tahap persiapan, tahap membawakan dan tahap evaluasi. Berikut adalah penjelasan untuk tiap tahap tersebut.

 

1. Tahap Persiapan

Dalam tahap persiapan ada beberapa hal yang harus Anda lakukan diantaranya adalah menentukan topik, menetapkan tujuan, mengenali situasi dan mengenali audiens, menyusun materi, menentukan pendekatan yang digunakan, menyusun desain slide, dan latihan.

 

Menentukan Topik

Apa topik yang akan saya sampaikan? Apakah topik ini dibutuhkan audiens? Mengapa saya menyampaikan topik ini?

Itulah beberapa pertanyaan yang perlu Anda tanyakan pada diri Anda sebelum menentukan topik presentasi. Dengan begitu Anda akan mudah menemukan topik dengan tepat dan sesuai dengan kebutuhan audiens. Usahakan topik Anda menarik dan menggugah audiens untuk mendengarkan.

 

Menetapkan Tujuan

Apa yang Anda harapkan dari presentasi Anda? Jawaban dari pertanyaan ini yang akan menjadi arah dari presentasi Anda. Setiap presentasi harus punya tujuan. Dengan memiliki tujuan, Anda akan lebih baik dalam melakukan persiapan, lebih berhati-hati dalam tindakan, tampil lebih cerdas dan tepat sasaran, tentunya dengan hasil akhir yang berkesan bagi audiens. Buat tujuan Anda dengan jelas, bisa dicapai dan Anda tahu betul bagaimana mencapainya.

 

Mengenali Situasi dan Audiens Anda

Mengenali situasi dan mengenali audiens akan membuat Anda jauh lebih tenang. Dalam hal ini Anda perlu melakukan koordinasi dengan audiens, atau panitia penyelanggara untuk menanyakan hal-hal yang ingin Anda ketahui. Seperti, dalam acara apa Anda melakukan presentasi, berapa lama waktu untuk presentasi, presentasi dilakukan di luar ruangan atau di dalam, adakah sarana pendukung yang digunakan, siapa saja yang akan hadir, berapa usia mereka, bagaimana tingkat pendidikannya, apa jabatannya, berapa rasio jumlah laki-laki dan perempuan, dan lain-lain sesuai dengan kebutuhan Anda.

 

Menyusun Materi

Langkah selanjutnya adalah menyusun materi. Dalam menyusun materi dibutuhkan kejelian dan ketepatan. Kenapa harus jeli dan tepat? Kejelian berhubungan erat dengan kemampuan presenter dalam memilih sumber yang bisa dipercaya sedangkan ketepatan berhubungan dengan kesesuaian materi dengan apa yang dibutuhkan oleh audiens. Jadi sebagai presenter yang baik, Anda tidak bisa asal-asalan dalam menyiapkan materi yang akan Anda sampaikan.

Ada syarat yang harus dipenuhi dalam menyusun materi, antara lain materi harus sesuai dengan topik, update dan terpercaya. Anda bisa mendapatkan materi dari pengalaman pribadi, buku, jurnal, hasil penelitian, majalah, internet atau koran. Satu lagi yang harus Anda pahami, jangan membuat materi yang terlampau banyak dan jangan gunakan kata atau kalimat yang Anda sendiri tidak memahaminya.

 

Menentukan Pendekatan yang Anda Gunakan

Setiap presentasi membutuhkan metode yaitu sebuah pendekatan yang Anda gunakan dalam menyampaikan materi. Metode yang baik adalah metode yang sesuai dengan topik yang Anda sampaikan. Ada beberapa metode yang bisa Anda terapkan diantaranya ceramah, eksperimen, simulasi, demonstrasi, ceramah plus dan lain-lain. Silahkan Anda eksplorasi metode yang paling cocok dengan topik Anda. Keberhasilan Anda memilih metode yang tepat akan membawa Anda menjadi presenter yang lebih efektif.

 

Menyusun Slide Presentasi

Jika presentasi Anda menggunakan slide, maka langkah selanjutnya adalah menyusun slide presentasi Anda semenarik mungkin. Dalam membuat slide ada beberapa prinsip yang harus Anda pahami.

  • Sederhana
  • Konten yang kuat
  • Font yang indah
  • Gambar yang menarik dan sesuai
  • Penggunaan warna yang tepat
  • Mematuhi prinsip CRAP, yaitu contrast atau kontras, repetition atau pengulangan , Alignment atau perataan dan proximity atau  kedekatan.

Dengan mematuhi enam prinsip di atas Anda akan mampu membuat slide yang menarik dan tampil beda.

 

Latih Presentasi Anda

Semua pembicara handal selalu melakukan latihan sebelum melakukan presentasi. Dengan latihan yang baik Anda akan lebih percaya diri, mampu menyesuaikan materi dengan waktu, dan Anda akan menemukan cara terbaik dalam menyampaikan presentasi.

 

2. Tahap Membawakan

Dalam membawakan presentasi Anda bisa menggunakan struktur tiga bagian, yaitu pembukaan, pembahasan dan penutup.

 

Membuka Presentasi

Presentasi yang baik dimulai dengan pembukaan yang baik.

Pembukaan yang baik sangat menentukan keberhasilan sebuah presentasi sebagaimana pembukaan yang buruk juga cenderung membuat presentasi menjadi gagal. Ada banyak cara untuk membuka presentasi dengan menarik, diantaranya dengan cerita, mengajukan pertanyaan, menggunakan kutipan, menunjukkan data dan fakta, menggunakan intermezzo, menjelaskan maksud dan tujuan atau menggunakan humor. Anda tinggal memilih mana yang paling cocok untuk diri Anda.

 

Pembahasan

Ini adalah tahap inti dari presentasi Anda. Disinilah secara keseluruhan materi Anda sampaikan. Anda harus menjelaskan materi Anda secara tersetruktur dan jelas, selain itu Anda juga harus terampil menggunakan transisi antar sub topik, supaya audiens memperoleh kejelasan alur presentasi Anda. Sampaikan materi dengan penuh antusias dan semangat, optimalkan bahasa tubuh dan intonasi suara Anda. Buat audiens Anda terlibat dalam presentasi Anda dengan mengajukan pertanyaan, mengajak audiens Anda bergerak dan mempengaruhi emosi mereka dengan cerita yang inspiratif. Jika ini Anda lakukan dengan baik, maka apa yang menjadi tujuan presentasi Anda akan tercapai.

 

Menutup Presentasi

Jangan pernah tinggalkan audiens Anda dengan kebingungan, tapi tinggalkan mereka dengan sesuatu yang bermakna yang akan mereka ingat selama-lamanya. Tutup presentasi Anda dengan menyimpulkan inti dari presentasi Anda, buatlah dalam kalimat pernyataan, selanjutnya sampaikan call to action Anda. Satu lagi yang perlu Anda catat, jangan pernah menutup presentasi Anda dengan kalimat yang terlampau panjang dan jangan minta maaf.

Itulah tiga langkah yang bisa Anda lakukan dalam membawakan presentasi. Lakukan itu dengan baik dan Anda akan diingat audiens sebagai presenter yang menginspirasi.

 

Catatan penting:

Sebelum tampil ada beberapa hal yang harus Anda lakukan yaitu datang lebih awal, periksa kondisi ruangan, peralatan pendukung dan hal-hal teknis yang lain.

 

3. Tahap Evaluasi

Ini adalah satu kebiasaan positif yang harus Anda lakukan setelah selesai melakukan presentasi. Hal ini saya maksudkan untuk mengevaluasi mana-mana yang tidak berjalan sesuai rencana, mana yang harus mendapat perbaikan dan mana yang harus dipertahankan. Dan yakinlah ini akan memberikan dampak positif untuk presentasi Anda selanjutnya.

Demikianlah langkah-langkah yang bisa Anda lakukan dalam menampilkan presentasi yang cerdas dan meyakinkan. Semoga bisa membantu Anda menampilkan presentasi yang lebih baik. Sekarang saatnya Anda rubah dunia Anda dengan menjadi pembicara hebat dan menginspirasi.

 

Credit Photo: Sebastiaan Ter Burg

Artikel Menarik Lainnya:

 
 
Ads-Header-Diskon-Khusus-Presentasi
 
 

 
 

Silakan baca artikel menarik lainnya:

About Rona Binham

Seorang pendidik, praktisi presentasi, penulis dan blogger pendiri cafemotivasi.com. Dia mengajar, melatih, menulis dan terus berusaha memberikan motivasi dan inspirasi kepada semua orang. Dengan sebuah motto “Orang hebat adalah orang yang hidupnya penuh inspirasi dan menginspirasi.” Simak di sini profil lengkapnya.

Sampaikan Komentar Anda

  1. mantap

  2. terima kasih infonya mas , saya share nih semua persiapan sudah namun ketika mau mulai masalah timbul perangkat laptop tidak bisa running dan ngadat, sebaiknya langkah langkah apa yang efektif untuk tetap melanjutkan presentasi ya mas.

    • Masalah seperti itu adalah masalah yang bersifat teknis. Sebenarnya kita bisa mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi. Yang perlu kita lakukan datang lebih awal, dan segara memeriksa peralatan teknis yang ada. Jika ini dilakukan dengan baik maka kemungkinan yang seperti bapak sebutkan tidak akan terjadi. Kalau pun itu terjadi tentunya ini sudah menjadi bagian dari persiapan kita, dalam beberapa kasus saya pribadi selalu menggunakan leptop pribadi, saya membawa file salinan di flash disk atau CD, memeriksa baterai laser pointer yang saya gunakan dan saya mengecek semua slide apakah bisa berjalan dengan baik atau tidak. Kalau misalnya kita menggunakan leptop panitia, kita harus memastikan bahwa alat itu berfungsi dengan baik juga.

      Satu lagi yang harus kita perhatikan, pilih resolusi gambar yang tepat. Kebanyakan orang cenderung memilih resolusi yang tinggi, ini memang bagus karena membuat gambar terlihat lebih tajam, tapi yang jadi masalah ini juga bisa menyebabkan slide patah-patah dan membuat pertukaran antar slide menjadi tersendat. Selain itu menggunakan resolusi tinggi juga harus mempertimbangkan display (projector yang digunakan). Untuk menghindari hal ini pastikan resolusi di komputer sama dengan display yang kita gunakan. Hubungi panitia untuk memastikan hal ini.

      Semoga membantu,,,

  3. berkali-kali saya berupaya download BUKU PRESENTASI MEMUKAU – GRATIS, tp selalu tidak bisa dibuka, atau gagal, kenapa ya? makasih

  4. trims sangat berrguna

  5. terima kasih pak informasinya. semoga ini bisa menjadi bekal n berbanfaat bagi semua orang.

  6. Call Damar berkomentar:

    thank u for the information.

  7. makasi pak informasinya moga menjadi tabungan amal dan membawa manfaat buat banyak org..info in membantu sy melengkapi tugas kuliah..

  8. Herawati Pasariboe berkomentar:

    oea

  9. Subhanallah. saya belajar banyak dari web ini. Semoga Allah lipat gandakan pahala atas kemamfaatan ini.

  10. terima kasih web ini sangat membantu

  11. terima kasih banyak

  12. Queensa Azahra berkomentar:

    pusing -_-

  13. Harbie Legawa berkomentar:

    riet

  14. peninggggg

  15. Tidak ada email link di email saya untuk konfirmasi

Leave a Reply