Memanfaatkan Template PowerPoint Gratis Siap Pakai

Sebagaimana saya tulis pada artikel Pentingnya Menyusun Slide yang Komunikatif, bahwa tidak semua orang yang hendak menyusun slide presentasi memiliki kemampuan dalam olah grafis. Bahkan yang paling lumrah terjadi, tugas untuk menyusun slide presentasi itu datang tiba-tiba dan hanya menyisakan waktu yang tidak lama lagi sebelum presentasi itu harus disajikan.

Dalam situasi seperti ini maka template PowerPoint gratis dan siap pakai dapat menjadi solusi tepat untuk mensiasati keterbatasan waktu tersebut. PowerPoint dibekali dengan beragam desain template bawaan yang dapat dijadikan sumber inspirasi siap pakai dalam pembuatan slide. Bukan saja yang terinstall secara baku bersama program, aneka template gratis ini juga bisa didownload di situs http://office.microsoft.com/en-us/templates beserta situs rekanan lainnya.

Fasilitas ini sangat berguna bagi Anda yang tidak memiliki banyak waktu untuk mendesain sendiri slide presentasi. Juga memudahkan Anda yang mempunyai keterbatasan teknikal skill yang dibutuhkan dalam mendesain template beserta komposisinya. Asalkan Anda tidak membiarkan template apa adanya untuk menyajikan naskah presentasi Anda.

Template gratis dan siap pakai ibaratnya tepung terigu pada roti atau batu bata pada tembok. Ia adalah bahan baku. Jadi jangan disajikan apa adanya tanpa mengolah dan membumbui. Jangan mengandalkan fasilitas dasar dari template-template ini. Jika kita hanya menempatkan teks-teks kita sebagaimana layout yang tersedia, maka slide kita akan terkesan monotone dan membosankan. Lebih tepat lagi, slide itu tidak mampu mencerminkan keunikan karya Anda.

Agar fasilitas siap pakai ini lebih menarik, unik dan komunikatif dalam menyampaikan pesan Anda, lakukanlah beberapa modifikasi. Tingkat modifikasi ini bisa disesuaikan dengan tersedianya waktu serta kemahiran Anda dalam mengolah obyek. Baik menggunakan program gambar yang Anda kuasai maupun sarana pengolah Image/ilustrasi yang dimiliki PowerPoint. Anda dapat mencoba memodifikasi teks, gambar serta latar belakang template Powerpoint gratis tersebut.

 

Memodifikasi Teks

Pada layout setiap template, telah dibuat style teks meliputi jenis font dan ukuran yang dipakai. Jika Anda hanya sekedar memasukkan teks Anda ke template ini, hasilnya akan hanya biasa-biasa saja. Bahkan menimbulkan efek obat tidur bagi audiens.

Cobalah menghidupkan peranan teks sebagai sarana visual, bukan sekedar bisa dibaca sebagai sarana verbal. Buatlah kombinasi antara jenis font, ukuran serta mengatur peletakannya. Secara spesifik topik mengolah tipografi akan di muat pada artikel yang lain. Sementara itu silakan perhatikan contoh yang kami sajikan pada artikel ini.

 

Memodifikasi Gambar maupun Latar Belakang

Dengan sedikit usaha, Anda akan bisa menampilkan kreasi yang lain dari sebuah template siap pakai.

Contoh template slide yang simpel dan cantik berikut ini dapat Anda download secara gratis dari:

http://www.templateswise.com/detail/link-80.html

 

 

Kekuatannya ada pada gambar pensil warna-warni. Jika seluruh slide Anda (misalnya 25 slide) isinya hanya melulu obyek dengan layout yang sama, tentu slide-slide itu akan mati, membosankan, karena monotone.

Untuk melakukan modifikasi, tekniknya kita bisa mengambil (memisahkan) elemen pensilnya dari latar belakang, maka kita bisa mengatur letaknya, ukurannya, jumlah pensilnya, maupun membubuhkan bentuk-bentuk bidang yang diberi warna sebagai latar belakang teks.

Sebagai alat bantu Anda bisa memanfaatkan program SnagIt yang bisa di download dari:

http://www.techsmith.com/download/snagit/default.asp

Setelah di download dan di Install, segera program ini dapat dimanfaatkan dengan cara menekan tombol PrintScreen. SnagIt akan aktif dan Anda bisa memilih bagian layar yang akan di capture, dalam hal ini gambar pensil.

Lakukan langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Aktifkan SnagIt yang telah diinstall, lalu tekan tombol Print Screen.
  2. Dalam keadaan SnagIt aktif lakukan seleksi untuk mengambil gambar pensil (lihat gambar 1).
  3. Potongan gambar akan masuk layar SnagIt. (lihat gambar 2).
  4. Pada PowerPoint siapkan slide kosong dari template. (Klik tombol Copy All pada SnagIt, lalu paste ke layar PowerPoint.
  5. Putar posisi gambar pensil dengan menu Tab Picture Tools, Format, Rotate, Rotate Left 900. Atur letak gambar pensil seperti pada gambar 4.

Catatan: Hasil capture jika tidak di save hanya dapat di paste pada file PowerPoint yang saat itu aktif saja. Oleh karenanya jika Anda mencapture gambar dari file Presentasi yang lain, save lah hasil capture tersebut terlebih dulu. Untuk memakainya kembali gunakan perintah Insert Picture.

Untuk menghapus background bagian diatas gambar pensil gunakan fitur Remove Background (fitur ini baru ada pada PowerPoint 2007/2010/2013).

 

Untuk memperpanjang sebatang pensil langkahnya sebagai berikut:

  1. Gunakan SnagIt untuk mengcapture bagian ujung pensil. Lalu paste di layar PowerPoint yang sama.
  2. Capture bagian batang pensil untuk mengambil warna batang pensil. Lalu paste di layar tersebut.
  3. Dalam keadaan terseleksi tariklah copy batang pensil tersebut secara horizontal sehingga cukup panjang.
  4. Atur letaknya dan sambungkan dengan ujung pensil. Setelah selesai groupkan bagian-bagian potongan tersebut.

 

 

Yang diperlukan bukan lagi bakat dan kepandaian di bidang grafis. Tetapi cukup kemauan dan kecerdasan kreatif. Semua orang bisa jika ia mau, bahkan lebih bagus dari contoh-contoh yang saya tampilkan berikut.

 

 

Teknologi dan Trend Pembuatan Slide PowerPoint Terus Berkembang

Pada buku-buku PowerPoint yang lama, banyak memberikan tip-tip yang tahun 2013 keatas ini sudah menjadi basi. Oleh karenanya Anda harus mengupdate informasi sesuai trend yang sedang berkembang. Saat ini teknik pembuatan slide presentasi sudah berkembang sedemikian rupa mengikuti perkembangan di bidang desain komunikasi visual yang begitu cepat.

Slide berupa tulisan panjang dan bulletpoint disana-sini sudah basi seiring dengan munculnya teknologi software, tools dan jasa penyedia gambar gratis maupun berbayar yang dapat dimanfaatkan dalam membuat slide yang berkualitas, komunikatif dan tampil beda.

Saya berharap tips yang saya sampaikan pada artikel ini dapat membantu Anda yang ingin menyelesaikan slide presentasi secara cepat dan dengan teknik yang sederhana dalam keterbatasan waktu yang Anda miliki.

Untuk mendapatkan berbagai macam Template PowerPoint siap pakai Anda dapat berburu melalui Google dengan memasukkan kata kunci: “powerpoint template free download”. Dari tampilan berbagai pilihan desain yang tersedia Anda akan menemukan banyak sekali situs-situs penyedia template PowerPoint yang dapat di download secara gratis seperti ini.

Tips untuk mebuat sendiri desain slide presentasi yang menarik akan dapat Anda ikuti pada posting berikutnya.

Artikel Menarik Lainnya:

 
 
Ads-Header-Diskon-Khusus-Presentasi
 
 

 
 

Silakan baca artikel menarik lainnya:

About Adi Kusrianto

Penulis senior yang telah menghasilkan banyak tulisan yang diterbitkan Elex Media Komputindo, Andi Publishing dan beberapa penerbit berskala nasional lain. Dosen luar biasa di Universitas Ciputra ini memiliki pengalaman dan pengetahuan yang cukup banyak dibidang Presentasi. Bergabung di Presentasi.net karena ingin sharing pengalaman dan mengembangkan serta mengasah terus ketrampilannya dibidang presentasi dan Public Speaking. Simak profil lengkapnya di sini.

Sampaikan Komentar Anda

  1. Iyong Nino berkomentar:

    Terima kasih Pak Adi kusrianto, idenya luar bisa.

  2. Iyong Nino berkomentar:

    Terima kasih Pak Adi kusrianto, idenya luar bisa.

  3. Menggunakan template cukup membantu, apalagi di saat deadline sudah dekat.
    Alangkah indahnya berbagi ya?
    Nice post, sir…

  4. terimakasaih atas imfonya dan semoga dapat saya optimalkan apa yang di dapat. Sukses selalu buat pak Adi K.

  5. terima kasih pak.. sangat membantu.. :D izin copas..

  6. MANTAB YA…. TERIMAKASIH UDH SYERINFONYA JANGAN LELAH2 YA BAT INFO BARU……..

  7. terimakasih pak Adi, salam kenal and semoga sukses selalu.

    @saiful hidayat
    kilk disini buat yang ingin berinvestasi scr cerdas:
    http://kebunemas.com/kemember/aff/go?r=21193

  8. terimakasih pak Adi, artikel yang saudara tulis banyak manfaatnya bagi saya.
    salam kenal and semoga selalu sukses.

    @saiful
    klik disini yang ingin investasi secara cerdas:
    http://kebunemas.com/kemember/aff/go?r=21193

  9. Makasih pak sudah berbagi ilmu yang sangat bermanfaat.

  10. Wah, dapat ilmu baru lagi dari pak Adi. Makasih, Pak

  11. Meski sudah mengajarkan Business Communication hampir 20 tahun, sharing dari pak Adi sangat bermanfaat menambah khasanah cara berkomunikasi, terimakasih.

  12. terima kasih Pa adi, info yang sangat berharga.

  13. Agoes Junaedy berkomentar:

    Terima kasih banyak, Pak.Sangat bermanfaat dan memberikan inspirasi untuk mengkomunikasikan ide lebih baik.

  14. Bowo berkomentar:

    Terima kasih pak…saya mendapatkan banyak kemudahan dalam menyampaikan gagasan setelah membaca artikel ini. Semoga kemurahan bapak menjadi berkah dan dibalas olehNya.

  15. AndriAji berkomentar:

    Terima kasih Pak Adi Kusrianto. Sharingnya sangat bermanfaat. Semoga berkah dan mendapat balasan yang lebih baik dariNYA.

  16. terima kasih pak atas sharing Ilmunya semoga sukses selalu…

  17. Terima kasih pak. Tampilan presentasi saya jadi lebih sempurna dan enak dipandang.

  18. Terimakasih park, SUPER !

  19. Sam Prb berkomentar:

    Terima Kasih boleh dong coba dan mohon ijin Pak

  20. tambah lg ilmunya tks pak.

  21. hikmat suhendar berkomentar:

    Terimakasih artikelnya pak. Sy sangat terbantu dengan artikelnya

  22. Ahmad Irfan berkomentar:

    Terima kasih Pak Adi dan presentasi.net, ilmunya sangat berguna dan memberi solusi cepat.

  23. Mas Ahmad Irfan dan teman-teman lainnya, insyaallah tulisan saya berikut akan menambah pengetahuan dalam menyusun slide dulu. Baru kita membahas bagaimana menyajikan presentasi.

  24. Makasih Pak atas ilmu yang dibagikan. Sukses selalu ya.

  25. saptya prawitasari berkomentar:

    alhamdulillah…dapat ilmu yg sangat bermanfaat. salam super pa…makasih

  26. Salam kembali buat Anda mbak Wita
    Sukses terus ya

  27. sangat bermanfaat bgi kami sebagai mahasiswa…trimakasih.

  28. Icha Liziaa Fathinah berkomentar:

    syangx tidak ada disni apa yg sy cari, tpi ini jg bermanfaat utk peljrn selanjutx,,,,,,,,,,,

  29. sangat terimakasih pak bermanfaat banget buat saya

  30. Asm, trimakasih banyak Mas Bro Noer, alhamdulillah setelah mempraktekkan dan nyonto dr bahan2 & Tips Ppt dr Presentasi Net, sekarang saya sdh bisa melaksanakan dakwah dengan lebih baik. Dakwah sekaligus entertainment yg menggugah. InsyaAllah kedepannya saya akan sharing materi dakwah Ppt saya kpd lebih banyak orang. Sekali lagi trimakasih & jazakumullah khoir

  31. Saya mengucapkan selamat kepada informasi yang sangat baik Anda telah berbagi.

Leave a Reply