Presentasi Memukau Tanpa Slide Oleh Seorang Sukarelawan Pemadam Kebakaran

 

Tidak setiap presentasi harus menggunakan slide Powerpoint atau Keynote.

Berikut adalah contoh yang bagus bagaimana Mark Bezos menampilkan presentasi yang menarik dengan pendekatan cerita. Presentasi berikut mengisahkan bagaimana Mark turut serta dalam tim sukarelawan pemadam kebakaran dan menyelamatkan sepasang sepatu buat orang yang sedang mengalami musibah.

Silakan Anda menyaksikan video TED di atas terlebih dahulu. Setelah itu Anda bisa melihat analisa dari presentasi tersebut.

 

Analisis Presentasi:

Mark Bezos: A life lesson from a volunteer firefighter

 

Pembukaan

Mark membuka presentasi ini dengan menjelaskan apa yang dia lakukan sehari-hari dan bagaimana dia menjadi sukarelawan pemadam kebakaran. Ini membantu audiens memahami siapa dirinya dan menciptakan rapport awal, keterhubungan dengan audiens.

Selanjutnya Mark mulai bercerita pengalaman pertamanya ikut serta dalam sebuah proses pemadaman. Perhatikan bahwa membuka presentasi dengan kisah adalah salah satu cara yang baik karena semua orang suka dengan kisah atau cerita. Anda tentu masih ingat dengan kisah-kisah yang diceritakan oleh ayah dan ibu ketika kecil dulu bukan?

 

Isi

Ketika mulai masuk ke inti presentasi, Mark tetap menggunakan pendekatan bercerita. Ini membantu audiens membayangkan situasi yang terjadi. Dengan gesture yang rileks, Mark menunjukkan betapa dia kecewa ketika rekannya sesama sukarelawan ditugaskan lebih dahulu untuk menyelamatkan seekor anjing.

Sedangkan dia sendiri hanya kebagian tugas untuk menyelamatkan sepasang sepatu buat pemilik rumah yang sedang mengalami musibah kebakaran. Tentu saja tindakan menyelamatkan sepasang sepatu terasa “kurang heroik” bagi kebanyakan orang.

Perhatikan di sini bagaimana seorang presenter bisa membuat perbandingan untuk menunjukkan apa yang biasa dianggap penting dan tidak oleh audiens.

Namun ternyata, tindakan menyelamatkan sepatu itulah yang mendapat apresiasi tertinggi dari pemilik rumah yang dibantu. Bagaimana dia merasa sedemikian dibantu bahkan seseorang membawakan sepatu untuknya.

 

Penutup

Di sini bagian yang menarik dan merupakan kunci dari presentasi ini. Mark menutup presentasinya dengan kisah yang sama. Dia menggunakan kalimat pendek sebagai call to action yaitu: “save the shoes”.

Pesan moral yang ingin dia sampaikan sederhana. Setiap orang bisa menjadi pahlawan dan tidak harus menunggu peran yang besar terlebih dahulu.

Anda bisa memberikan apapun yang Anda miliki saat ini: uang, waktu, tenaga atau apa saja untuk orang lain yang membutuhkan. Tidak harus tindakan yang besar dan menyelamatkan hidup orang lain. Anda pun bahkan bisa membantu orang dengan menyelamatkan sepatunya.

 

Kesimpulan

Anda bisa menampilkan presentasi yang menarik meskipun tanpa slide. Dan cara termudah melakukannya adalah dengan kisah. Orang senang mendengarkan kisah apalagi yang menyentuh perasaan. Kisah juga membantu audiens melakukan visualisasi dengan mudah sehingga Anda bisa memasukkan pesan moral di dalamnya.

 
 

 
 

 
 

 
 

 

 
 

Silakan baca artikel menarik lainnya:

About Muhammad Noer

Seorang praktisi di bidang presentasi. Baginya, menguasai keterampilan presentasi sama dengan menguasai keterampilan komunikasi publik. Dapatkan buku yang ditulisnya di sini atau baca profil lengkapnya di sini.

Sampaikan Komentar Anda

  1. inspiratif presentations…thanks

  2. Trima kasih Mas Noer, atas mailing listnya yang semua luar biasa.

Situs yang membuat link ke halaman ini

  1. [...] Anda sering memperhatikan pembicara besar, mereka akan memulai dengan cerita. Mengapa cerita? Cerita mudah diingat dan kita semua senang mendengarkannya. Masih ingat cerita masa [...]

Leave a Reply