Membuat Presentasi Online Dengan SlideRocket

presentasi-online-sliderocket

Jika selama ini kita membuat slide presentasi secara offline menggunakan powerpoint, untuk kali ini saya akan mengajak Anda untuk membuat slide presentasi secara online. Ya, di era digital seperti sekarang ini membuat slide presentasi bukan lagi hal yang sulit, karena Anda bisa melakukannya secara offline maupun online.

Dalam artikel ini saya akan memberikan tips sederhana bagaimana membuat slide presentasi online yang menarik dengan sliderocket. Mengapa harus menggunakan sliderocket? Sebenarnya ini bukan suatu keharusan tapi lebih kepada suatu pilihan saja. Dan sliderocket bisa menjadi pilihan, karena memiliki fitur-fitur yang cukup untuk menjadikan slide presentasi menarik dan tampil beda.

Bagaimana Anda melakukannya? silahkan simak langkah-langkahnya dalam penjelasan berikut

 

Mendaftarkan Akun Di SlideRocket

Jika Anda belum mempunyai akun di sliderocket langkah awal yang harus Anda lakukan adalah mendaftar. Caranya masukkan email dan sandi, kemudian klik sign up now.

presentasi-online-1

Setelah itu Anda akan masuk ke halaman pengaturan dasar untuk menggunakan sliderocket. Silahkan Anda isi tanggal lahir, kemudian centang pada kotak (seperti nampak pada gambar berikut) untuk menyetujui kebijakan dari sliderocket, setelah itu klik get started.

presentasi-online-2

Setelah pendaftaran Anda berhasil, Anda akan masuk pada halaman seperti nampak pada gambar di bawah ini.

presentasi-online-3

Jika Anda berhasil sampai tahap ini, berarti akun Anda telah disetujui dan bisa mulai menggunakan sliderocket.

 

Membuat Slide di SlideRocket

Setelah Anda punya akun yang sudah terdaftar, saatnya Anda mengeksplorasi kemampuan Anda untuk membuat slide presentasi online yang menarik dan profesional dengan sliderocket. Berikut adalah penjelasan yang akan memudahkan Anda bekerja dengan sliderocket.

 

1. Mulai Membuat Slide Presentasi

Silahkan Anda login ke sliderocket (jika Anda sudah log out) dengan menggunakan email dan sandi yang sudah Anda daftarkan atau Anda bisa langsung meneruskan bila Anda belum melakukan log out.

Kemudian Anda klik new untuk membuka lembar kerja.

presentasi-online-4

Setelah Anda klik “new”, maka akan muncul halaman untuk memilih tema yang akan Anda gunakan. Silahkan Anda pilih tema sesui dengan kebutuhan Anda lalu klik OK.

presentasi-online-5

Kemudian akan muncul tampilan sesuai dengan tema yang Anda pilih. Dalam contoh ini saya pakai tema white. Maka tampilannya akan seperti gambar berikut:

presentasi-online-6

Bagaimana jika ingin merubah tema?

Caranya sangat mudah, Anda lihat di bagian kanan lembar kerja. Di sana ada menu theme. Anda klik, maka akan muncul tampilan tema yang bisa Anda pilih.

presentasi-online-7

 

2. Mengganti Background Slide

Jika Anda ingin mengganti background slide, Anda klik saja pada menu background. Kemudian pada menu drop down Anda pilih background yang akan Anda gunakan apakah dengan warna biasa, warna gradien atau dengan gambar.

presentasi-online-8

Dalam contoh ini saya menggunakan background gambar. Caranya Anda klik Image fill, maka akan muncul tampilan seperti berikut:

presentasi-online-9

Silahkan Anda import gambar dari komputer atau Anda import dari koleksi gambar yang sudah Anda import sebelumnya di My Library. Dalam contoh ini saya mengimport koleksi gambar di My library. Berikut adalah tampilannya.

presentasi-online-10

 

3. Membuat Teks Dalam Slide

Untuk membuat teks caranya sangat mudah, Anda klik dua kali pada kolom teks (double-click to enter title) yang ada pada lembar kerja. Kemudian Anda tulis kalimat sesuai dengan konten yang sudah Anda tentukan.

Jika Anda ingin menambahkan teks baru, maka Anda klik saja menu teks di sebelah kiri lembar kerja. Kemudian Anda klik di lembar kerja, maka akan muncul kolom teks. Setelah itu silahkan tambahkan teks sesuai keinginan Anda.

Setelah sampai pada tahap ini Anda tinggal mengeksplorasi besar kecil ukuran teks serta penempatan atau pemilihan warna. Untuk penggantian warna, ukuran teks, atau yang lain silahkan Anda klik pada teks dilembar kerja, kemudian dibagian kanan lembar kerja akan muncul tampilan seperti pada gambar berikut:

presentasi-online-11

Silahkan Anda eksplorasi sendiri menu-menu yang ada di sana untuk membuat slide Anda lebih menarik dengan tampilan slide yang mudah dibaca, memiliki kontras yang baik, layout dan penempatan yang tepat. Berikut adalah contoh hasil akhir, dari teks yang sudah dimodifikasi dengan baik.

presentasi-online-12

 

4. Membuat Lembar Kerja Baru

Kalau di powerpoint untuk membuat lembar kerja baru cukup dengan enter maka lembar kerja baru sudah siap. Tapi di sliderocket tidak begitu. Ada dua cara yang bisa Anda lakukan yaitu dengan mengklik menu slide di bagian atas lembar kerja (akan muncul menu dropdown) kemudian pilih menu new slide. Atau Anda klik menu new, di bagian kiri bawah lembar kerja.

presentasi-online-13

presentasi-online-14

 

5. Menambahkan Gambar

Jika Anda ingin menambahkan gambar, silahkan klik menu picture di sebelah kiri lembar kerja dibawah menu teks, kemudian akan muncul halaman seperti pada saat Anda mengimport gambar untuk background.

Dalam contoh ini saya mengimport gambar dari komputer. Hasilnya seperti gambar berikut:

presentasi-online-15

Anda bisa menghapus kolom teks, dan merubah ukuran gambar menjadi lebih besar (seret pada bagian pojok gambar).

presentasi-online-16

 

6. Menambahkan Shape

Jika Anda ingin menambahkan shape untuk memperindah tampilan slide caranya cukup mudah. Anda klik menu shape dibagian kiri lembar kerja di bawah menu picture. Maka akan muncul tampilan menu dropdown. Silahkan Anda pilih menu shape yang akan Anda gunakan.

presentasi-online-17

Dalam contoh ini saya menggunakan shape star atau bintang. Kemudian sedikit saya lakukan perubahan sesuai dengan kebutuhan. Untuk merubahnya silahkan Anda perhatikan gambar berikut;

presentasi-online-18

presentasi-online-19

Setelah Anda merubah warna shape sesuai keinginan Anda, Anda bisa menambahkan teks pada shape. Berikut adalah hasil akhirnya.

presentasi-online-20

 

7. Menyimpan dan Mengunduh Slide

Untuk menyimpan slide pada library silahkan Anda klik add slide to library. Silahkan ikuti petunjuk yang ada. Kemudian jika Anda ingin menyimpanya di komputer Anda dapat mengunduh file tersebut dalam format powerpoint melalui menu download di libabry.

presentasi-online-21

Catatan:

file presentasi di sliderocket hanya bisa disimpan baik dengan format powerpoint 2003. Jika Anda menggunakan powerpoint 2007 atau 2010 mungkin akan mendapatkan error saat membuka file hasil unduhan.

Demikianlah tips bagaimana membuat presentasi online dengan sliderocket. Dengan menjalankan petunjuk-petunjuk di atas Anda akan mampu membuat slide presentasi online menarik dan profesional. Untuk mengetahui bagaimana hasil membuat presentasi online dengan sliderocket, silahkan Anda simak presentasi berikut:

 

 

Saya juga sudah membuat file presentasi tersebut dalam powerpoint. Anda dapat mendownload file presentasi tersebut disini.

Bagaimana Menurut Anda?

Artikel Menarik Lainnya:

 
 
Ads-Header-Diskon-Khusus-Presentasi
 
 

 
 

Silakan baca artikel menarik lainnya:

About Rona Binham

Seorang pendidik, praktisi presentasi, penulis dan blogger pendiri cafemotivasi.com. Dia mengajar, melatih, menulis dan terus berusaha memberikan motivasi dan inspirasi kepada semua orang. Dengan sebuah motto “Orang hebat adalah orang yang hidupnya penuh inspirasi dan menginspirasi.” Simak di sini profil lengkapnya.

Sampaikan Komentar Anda

  1. SlideRocket akan diakuisisi oleh ClearSlide lho mas, masih bisa dipakai lagi gak tuh? Karena kalau sekarang gak bisa kayaknya.

  2. Wow… dapat tambahan ilmu lagi nih! trims.

  3. Agus Edhi Susanto berkomentar:

    terima kasih infonya, saya masih belum mencobanya dan dalam waktu dekat akan segera mempraktekan saran Anda,

  4. terima kasih, tapi saya untuk masih bingung utk pengisiannya.

  5. sayang, untuk sementara ini kita tidak dapat melakukan sign up ke sliderocket. Ada tulisan seperti ini: Thanks for your interest in SlideRocket. We're no longer accepting new signups as we transition to ClearSlide.

  6. Supriyadiign berkomentar:

    bagus….bagus…..

  7. Membuat presentasi online? menarik nih, Terimakasih INFOnya.

  8. bagus, Mas.. perlu dicoba bikin slide pakai sliderocket

  9. ass…mantap spectakuler gan ilmunya semoga bermanfaat…..amien

  10. terimakasih atas infonya.

  11. Terimakasih teman-teman atas umpan baliknya. Pada saat tulisan ini dibuat slide rocket masih bisa digunakan, sehingga saya bisa sign up dan membuat tutorial ini untuk teman-teman semua. Kalau pun akhirnya Slide Rocket diakuisisi oleh Clearslide ini benar-benar diluar sepengetahuan saya sebelumnya. Tapi bagi teman-teman yang sudah punya akun di slide Rocket akun Anda tetap masih bisa digunakan.

    Tapi tidak perlu khawatir masih ada alternatif lain untuk membuat slide presentasi secara online seperti menggunakan Prezi. Dan tutorial tentang prezi juga sudah saya tulis, hanya menunggu jadwal publis dipresentasi.net

  12. Siip sangat membantu (y).

  13. Tuti Sumartiasih,SH berkomentar:

    Terimakasih ya, sangat membantu

  14. Waaah, ni info menarik, ya nanti kupikir-pikir dulu klo mau bikin presentasi mau pake yang mana? Trims,

  15. Armandus Jong Tallo berkomentar:

    lam knal pak, kok sy buka web slide rocket gg bs sing up ya?

  16. saya boleh mintak email n passwordnya gak? untuk bisa login di sliderocket
    tolong bantu saya
    terimaksih
    smg pahalanya makin bertambah :)

  17. matur nuwun atas semuanya

  18. goooooood

Leave a Reply