Presentasi Membangun Organisasi Pembelajar (Learning Organization)

Presentasi ini dibahas dalam buku “Presentasi Memukau” menjelaskan bagaimana merangkum ide dan menerjemahkannya ke dalam slide yang sederhana namun kuat secara visual dan mampu menjelaskan pesan dengan baik.

Presentasi ini membahas bagaimana membangun organisasi pembelajar (learning organization) lewat serangkaian strategi yang dipakai oleh perusahaan yang telah berhasil menerapkannya.

Download Presentasi Ini (2 MB)

 

Pembuka:

Presentasi ini dibuka dengan sebuah kutipan dari Alvin Toffler yakni:

“The illiterate of the 21st century will not be those who cannot read and write, but those who cannot learn, unlearn, and relearn.”

Buta huruf abad 21 bukanlah karena tidak bisa membaca dan menulis, melainkan siapa saja yang tidak belajar (hal baru), membuang hal yang pernah dipelajari (karena sudah tidak relevan), dan belajar ulang (untuk hal-hal yang perlu diperkuat).

Dengan kutipan ini, audiens diajak untuk berpikir betapa penting proses belajar bagi individu maupun organisasi.

 

Slide selanjutnya mengajukan pertanyaan, “Bagaimana mengubah semangat belajar dalam organisasi?”

Perhatikan bahwa mengajukan pertanyaan di awal presentasi adalah salah satu cara mendapatkan perhatian audiens. Mengajukan pertanyaan membuat audiens berpikir dan berusaha mencari jawaban atas pertanyaan tersebut.

 

Isi:

Presentasi ini mengajak audiensnya untuk memahami apa sebenarnya organisasi pembelajar itu dan bagaimana cara memulai dan membangunnya.

Slide awal dari isi presentasi menjelaskan mengapa sebuah organisasi perlu belajar. Slide ini berfungsi menjadi dasar mengapa topik yang dibahas menjadi relevan dan penting buat audiens.

Selanjutnya dijelaskan komponen organisasi pembelajar yang terdiri dari 5 hal. Penataan slide dalam bentuk melingkar menunjukkan kelima hal ini saling berhubungan satu sama lain sekaligus menunjukkan tingkat kepentingan yang sama (setara).

Berikutnya dibahas apa saja hambatan dalam proses belajar baik yang datang dari individu maupun organisasi diteruskan dengan bagaimana mengubah paradigma. Pandangan lama di mana proses belajar bersifat formal dan tanggung jawab departemen tertentu menjadi paradigma baru di mana proses belajar menjadi tanggung jawab semua orang dan dapat dilakukan di mana saja.

Dijelaskan pula faktor-faktor yang mendukung sebuah proses belajar dapat terjadi secara sinergis dengan adanya:

  • Kontributor – orang yang bersedia membagi ilmu
  • Audiens – orang yang menjadi pendengar
  • Media – cara, tempat, ataupun mekanisme yang dipakai dalam proses belajar

Ditambahkan pula pendekatan yang pernah dipakai oleh perusahaan yang berhasil membangun budaya belajar dan contoh kasus bagaimana memulainya dari tahap awal sampai akhir.

Tidak semua hal berjalan mulus. Selalu ada tantangan dan hambatan yang akan dihadapi.

 

Penutup:

Menjelang penutupan, presentasi ini mempertegas bahwa membangun budaya belajar tidaklah sesulit yang dirasakan banyak orang.

Rangkuman apa saja yang dibahas dalam presentasi dan bagaimana memulai membangun budaya belajar akan membantu audiens menangkap inti dari presentasi.

Selanjutnya presentasi ditutup dengan kesimpulan singkat bahwa semuanya berawal dari individu yang membangun tumbuhnya budaya belajar dalam sebuah organisasi dan sebuah seruan atau “call to action” untuk memulainya sekarang juga di organisasi yang sedang dijaani.

About Muhammad Noer

Seorang praktisi di bidang presentasi. Baginya, menguasai keterampilan presentasi sama dengan menguasai keterampilan komunikasi publik. Dapatkan buku yang ditulisnya di sini atau baca profil lengkapnya di sini.

Sampaikan Komentar Anda

  1. Houwen Lie berkomentar:

    boleh saya minta slide presentasinya mas?

  2. terima kasih mas noer materinya sangat bermanfaat

  3. lasiman las berkomentar:

    terima kasih mas noer materinya sangat bermanfaat bagi saya, apakah masih ada contoh-contoh materi lainnya, saya tunggu

  4. Titin Ritmi berkomentar:

    makasih banyak pak M.Noer…sangat bermanfaat ilmunya….

  5. terimakasih pak mohammad noer ,, semoga ilmu yang anda berikan diganti dengan pahala kebaikan.

Situs yang membuat link ke halaman ini

  1. [...] presentasi Anda adalah tentang “Membangun Budaya Belajar Dalam Organisasi”. Dalam presentasi tersebut telah Anda jelaskan apa budaya belajar itu, bagaimana sebuah organisasi [...]

  2. [...] Berikut contoh brainstorming ketika menyiapkan presentasi bertopik “Learning Organization”. [...]

Sampaikan Komentar Anda

*