Download Presentasi Rahasia Menjadi Manusia Efektif dan Produktif

kebiasaan-manusia-efektif-01

Apakah rahasia menjadi manusia yang efektif dan produktif?

Dalam buku The Seven Habits of Highly Effective People, Stephen Covey menjelaskan tujuh kebiasaan manusia yang efektif.

Untuk memudahkan Anda memahami tujuh kebiasaan tersebut, berikut presentasi inspiratif yang membahasnya secara menarik. Jika Anda menerapkan ketujuh kebiasaan tersebut, maka hampir dapat dipastikan Anda akan menjadi manusia yang efektif dan produktif. Silakan simak presentasi berikut kemudian Anda bisa membaca penjelasannya.

 

Download Presentasi Ini (2 MB – klik kanan lalu save as)

 

1. Be Proactive – Jadilah Manusia Proaktif

kebiasaan-manusia-efektif-04

Menjadi manusia proaktif berarti Anda secara sadar mengambil tanggung jawab atas kehidupan Anda sendiri. Dalam setiap situasi, Anda akan mempertimbangkan kondisi yang dihadapi kemudian mengambil keputusan.

Orang yang proaktif akan menjalankan setiap keputusan yang dia ambil dan berusaha menjalankannya sebaik mungkin. Ketika bekerja dia akan fokus pada pekerjaannya dan sebaliknya jika dia memilih bersantai dia akan menikmati masa santainya.

Orang proaktif tidak akan menyalahkan keadaan. Sebab tidak selamanya situasai dan kondisi selalu sesuai dengan apa yang kita inginkan. Jika kondisi yang dihadapi tidak nyaman, orang proaktif akan mencari cara untuk mengubahnya.

Orang proaktif memusatkan perhatian pada apa yang bisa diperbaiki. Mereka tidak menyalahkan masa lalu. Melainkan mereka menjalani apa yang ada di tangan mereka saat ini dan bagaimana melakukannya sebaik mungkin.

 

2. Begin With The End In Mind – Mulailah Segala Sesuatu Dengan Gambaran Akhirnya

kebiasaan-manusia-efektif-09

Memulai sesuatu dengan gambaran akhir berarti ketika Anda ingin mengerjakan sesuatu, Anda mampu menggambarkan hasil akhir yang ingin dicapai dengan jelas. Dengan demikian, setiap tindakan akan memiliki visi dan tujuan yang jelas.

Apapun yang kita lakukan sesungguhnya melewati dua fase penciptaan.

Pertama kita ciptakan di alam mental. Kita membayangkan bagaimana bentuk akhir dari sesuatu yang ingin kita ciptakan atau sesuatu yang ingin kita lakukan. Kedua menciptakannya di alam nyata. Setelah kita punya gambaran, selanjutnya kita membuatnya menjadi kenyataan.

Contoh paling sederhana adalah seorang insinyur yang membangun gedung tinggi. Dia akan menyiapkan gambar kerja secara lengkap sebelum membangunnya. Dengan demikian insinyur tersebut tahu betul apa yang harus dia kerjakan, bagaimana mengerjakannya dan bagaimana hasil akhir yang ingin dia dapatkan.

 

3. Put First Things First – Selalu Dahulukan Yang Lebih Utama

kebiasaan-manusia-efektif-15

Setiap hari kita dihadapkan dengan berbagai persoalan. Diantara berbagai persoalan tersebut ada yang lebih utama antara satu dengan lainnya.

Manusia produktif akan fokus pada prioritas. Mereka sadar tidak semua hal yang ada bisa kita selesaikan. Karena itu mereka betul-betul menilai mana urusan yang paling penting kemudian mendahulukannya.

Jika urusan penting dan besar telah selesai, baru mereka berpindah ke urusan yang lebih kecil. Dengan demikian, energi mereka akan fokus untuk menyelesaikan hal-hal yang lebih utama terlebih dahulu. Mereka melakukan hal-hal yang membawa perubahan besar jika dilakukan.

Adapun urusan yang lebih kecil, seharusnya ditempatkan pada prioritas selanjutnya jika urusan besar telah selesai.

 

4. Think Win-Win – Berpikirlah Menang-Menang, Bukan Menang-Kalah

kebiasaan-manusia-efektif-18

Kebiasaan keempat manusia efektif berpikir menang-menang bukan menang kalah.

Setiap orang punya kepentingan. Saya punya kepentingan, Anda punya kepentingan, begitu juga orang lain. Kebiasaan berpikir menang-menang adalah berusaha untuk mencari jalan terbaik buat kedua belah pihak meskipun keinginan dan kepentingan kita berbeda.

Orang yang berpikir menang-menang akan selalu mengutamakan kerjasama, sifat kooperatif dan menguntungkan kedua belah pihak.

Jika ini bisa dilakukan maka baik Anda maupun orang yang melakukan sesuatu bersama Anda akan menjalankannya dengan sepenuh hati dan sebaik mungkin. Kenapa? Karena kita tahu bahwa tindakan tersebut akan menguntungkan kedua belah pihak.

 

5. Seek First To Understand, Then To Be Understood – Pahami Orang Lain Dulu, Baru Mereka Memahami Anda

kebiasaan-manusia-efektif-20

Memahami orang lain terlebih dahulu sebelum orang lain memahami Anda. Orang bijak mengatakan, kita memiliki dua telinga dan satu mulut agar lebih banyak mendengarkan daripada berbicara.

Keterampilan mendengarkan atau “listening” menjadi penting buat semua orang, terutama jika Anda seorang pemimpin. Karena itu cobalah dengarkan orang lain terlebih dahulu.

Mendengarkan di sini bukan sekedar dengar, melainkan berusaha memahami sudut pandang orang lain dan mengapa mereka berpandangan demikian. Jangan bersikap egois ingin selalu dimengerti.

Kebiasaan manusia efektif adalah berusaha memahami orang lain terlebih dahulu sehingga kemudian orang lain pun bisa memahami diir kita.

 

6. Synergize – Lakukan Sinergi Dengan Orang Lain

kebiasaan-manusia-efektif-22

Lakukan sinergi dengan orang lain.

Orang efektif akan selalu bersinergi dengan pasangannya, rekan kerja, dan masyarakat di sekitarnya.

Apa itu sinergi?

Kita menggabungkan kekuatan diri kita dengan kekuatan orang lain untuk berkarya, demi kemajuan bersama. Bukan untuk bersaing atau saling menjatuhkan.

 

7. Sharpen The Saw – Asahlah Gergaji Agar Senantiasa Tajam dan Berfungsi Baik

kebiasaan-manusia-efektif-25

Anda menggunakan fisik, pikiran dan mental dalam melakukan berbagai aktivitas. Agar senantiasa efektif, Anda perlu mengasah gergaji-gergaji tersebut sehingga selalu tajam dan berfungsi dengan baik.

Mengasah gergaji berarti memelihara dan memperbaharui aset terbesar: diri sendiri

Ada empat aspek yang perlu selalu kita asah:

  • Fisik: memastikan fisik yang prima lewat istirahat yang cukup, menjaga kebugaran tubuh lewat olahraga, dan tindakan lainnya.
  • Sosial/Emosional: memastikan hubungan sosial yang baik dengan keluarga, dan orang-orang di sekitar kita.
  • Mental: menjaga aspek psikis dengan cara mengelola stress yang mungkin muncul akibat tekanan kerja.
  • Spiritual: memperbaiki hubungan kita dengan Tuhan untuk selalu membimbing kita dalam setiap langkah

Dengan kebiasaan terakhir ini, akan membuat Anda bisa terus melakukan enam kebiasaan efektif lainnya.

 

Itulah tujuah kebiasaan yang jika Anda lakukan akan mengantarkan Anda menjadi manusia Efektif dan Produktif.

 

Dapatkan 12 Slide Presentasi Ini Secara Lengkap

Seperti yang saya sampaikan dalam beberapa minggu sebelumnya, tim Presentasi.net sedang mempersiapkan sebuah produk istimewa. Produk itu adalah kumpulan Slide Presentasi Inspiratif kelas dunia. Kami ingin memberi kontribusi buat masyarakat Indonesia untuk mengembangkan keterampilan presentasi yang lebih baik lagi.

Mulai hari ini, secara resmi slide inspiratif tersedia buat seluruh pembaca presentasi.net dengan harga terjangkau. Presentasi yang Anda lihat di atas adalah salah satu dari 12 presentasi dalam seri Pengembangan Diri – Bagaimana Menjadi Manusia Produktif.

Dapatkan koleksi lengkap slide inspiratif ini dan tunjukkan kepada bos Anda bagaimana slide presentasi seharusnya dibuat.

 
 

 
 

 
 

 
 

 

 
 

Silakan baca artikel menarik lainnya:

About Muhammad Noer

Seorang praktisi di bidang presentasi. Baginya, menguasai keterampilan presentasi sama dengan menguasai keterampilan komunikasi publik. Dapatkan buku yang ditulisnya di sini atau baca profil lengkapnya di sini.

Sampaikan Komentar Anda

  1. inspiratif…thx…

  2. Saya senang membaca slide ini ringkas, mudah dimengerti dan dipahami…good.

  3. Presentasi yang sangat menarik bagi audiens, membangkitkan rasa keingintahuan dan tidak membosankan

  4. Tercengang, terpana n terpesona begitulah yang aku rasakan etika membaca slide ini… KAGUM…

  5. sugeng santoso berkomentar:

    Mas Noer..kapan diadakan training untuk membuat presentasi yg menarik dan inspiratif? Atau dibuat modul untuk dipelajari sendiri? Saya tunggu khabarnya..

    • Muhammad Noer berkomentar:

      Salam Pak Sugeng, training tentang presentasi sudah masuk dalam daftar berikutnya yang akan saya siapkan bersama tim. Pada waktunya jika telah siap akan dikabari kepada seluruh subscriber blog ini.

  6. M. Ide Ambardi berkomentar:

    Pak Noer, Slide ini memang very inspiratif… sepertinya saya belajar kepada orang yang tepat, memiliki Passion yang sama. Terimakasih banyak.

    • Muhammad Noer berkomentar:

      Senang bisa ikut berbagai Pak. Semoga bisa menjadi kontribusi buat memperbaiki kualitas presentasi di Indonesia :)

  7. mantap pak

  8. Taryono berkomentar:

    Mas Nur dimana kita dapat menghubungi Bapak, maksudku Nomor teleponnya berapa or No. PIN BB
    silahkan kirim ke email kami atau PIN kami 27FB97D9 ditunggu Terima kasih

    Taryono – Ketum SPFFI

  9. Tri Hariyanto berkomentar:

    Trmksh atas artikel dan kebaikan mas Noer selama ini, teruslah menebar manfaat untuk orang lain karena “sebaik-baik orang adalah yang bisa memberi manfaat untuk orang lain”… (al-hadits). Smoga mas Noer dan keluarga selalu diberikan kesehatan dan keberkahan. Amin

    • Muhammad Noer berkomentar:

      Amin. Terima kasih banyak atas doanya Pak Tri.
      Semoga bisa terus berkarya untuk kemajuan bangsa.

  10. hassan berkomentar:

    terima kasih banyak atas informasinya… semoga bermanfaat dan berkah
    sukses selalu untuk Anda dan kita semua… aamiiin..
    salam hangat

  11. menggugah. terimakasih:)

  12. 10 jari deh..good.

  13. feri good is thank mas noor.

  14. Sangat bagus dan bermanfaat, sebagai pengajar saya sendiri merasa harus selalu belajar bagaimana mampu tampil sebaik mungkin ketika presentasi. Dengan begitu saya bisa berbagi dengan teman-teman mahasiswa bagaimana bisa presentasi memukau saat di kelas. Sukses buat mas noer, saya senang bisa menjalin silaturahmi di sini. terimakasih.

  15. mantaff…pak…mengagumkan…

  16. terima kasih atas artikel ini dan bukunya pak, seandainya para pendidik baik guru atau dosen mampu menguasai secara baik buku ini, para mahasiswa atau siswanya akan lebih bergairah dalam belajar dengan tingkat pemahaman yang lebih cepat, karena dosen atau gurunya dapat menyajikan materinya secara lugas, menarik dan lebih substanti.

  17. SANGAT BERMANFAAT…..

  18. rara berkomentar:

    dear muhammmad sangat inspiratif bagus bangetttt..

  19. Niko berkomentar:

    Terima kasih atas artikel presentasi ditampilkan karena sangat membantu dalam memperbaiki slide presentasi yang saya buat selama ini, yang masih jauh dari sempurna. Salam buat pak Nur. Mudah-mudahan sehat-sehat selalu.

  20. Pak, bertanya untuk rahasia ke 5…pahami orang lain…bagaimana prakteknya jika suatu ketika teman kita dalam tim mengajar ada yang meninginkan untuk mengajar seluruh jam pelajaran sementara ada beberapa teman butuh akan jam mengajar tsb selain honor ngajarnya juga untuk angka kredit…. apa yang harus kita lakukan untuk memahami teman yang memiliki perilaku seperti ini..

    • Sebaiknya diajak bicara dari hati ke hati bu. Agar dia bisa memahami kepentingan orang lain juga demi kemaslahatan bersama.

    • Menurut pengalaman saya sebagai guru, teman yang mau menangnya sendiri terkadang (bahkan seringnya) sulit diajak bicara dari hati ke hati. Jika demikian, maka kita minta (bahkan saya sempat memaksa) keputusan yang adil dari kepala sekolah. Pada awalnya dia memusuhi saya, tetapi seiring berjalannya waktu akhirnya dia kembali akrab dan memahami bahwa kita konsisten dengan keadilan dan kebersamaan.

    • Menurut pengalaman saya sebagai guru, teman yang mau menangnya sendiri terkadang (bahkan seringnya) sulit diajak bicara dari hati ke hati. Jika demikian, maka kita minta (bahkan saya sempat memaksa) keputusan yang adil dari kepala sekolah. Pada awalnya dia memusuhi saya, tetapi seiring berjalannya waktu akhirnya dia kembali akrab dan memahami bahwa kita konsisten dengan keadilan dan kebersamaan.

  21. luar biasa , dahsyat, ALLAU AKBAR! trims pak Noer.

  22. sangat baik sekali, sukses ya.

  23. thanks,,,,,

  24. Presentasi ini sangat2 bagus, gambar pendukung terntunya, perpaduan dan materi yg sangat bagus, terima kasih pak sudah di share.

  25. Well=Sangat membantu Buat Presentasi dikantor or untuk Berbagi dengan Teman.

  26. kalo udah ngerti cara mempresentasi dengan baik.. segala sesuatu yang dipresentasikan juga akan berhasil dengan baik

  27. Kalau saya sudah menjadi anggota seumur hidup, karena pernah membayar sekitar 500 rb. Apakah bisa ikut kursus membaca cepat gratis? atau harus bayar lagi.

  28. Agus Swandono berkomentar:

    Rupanya sisi lain dari pak Noer ini sangat besar kontibusinya dalam mencerdaskan anak bangsa. Semoga karya pak Noer ini diberkati dan menjadi berkat.

  29. sangat efektif , trimakasih mas Nur.

  30. dahsyattt…mantepp,- maksih

  31. mas nur bagaimana saya bisa belajar untuk cara membuat presentasi yg baik karena kendala saya saya bingung cara membuat slide dan konsepnya. bisakah mas nur memberikan penjelasan yang baik bagaimana saya harus memulai, apakah ada urutannya. terimakasih

  32. ,mantabbbbbbbbbbbb

  33. Luar biasa boss, trm kasih tips nya

  34. Keren mas Nur, jelas dan mudah dimengerti

Leave a Reply