Presentasi Zaini Alif – Rahasia di Balik Makna Hompimpa

TEDxJakarta - Zaini Alif 

Muhamad Zaini Alif adalah pendiri komunitas Hong, pusat kajian dan permainan rakyat. Tokoh yang satu ini bukan hanya ahli terhadap mainan tradisional, tapi juga seorang presenter yang handal.

Dalam presentasi di TEDx Jakarta Zaini Alif telah memukau audiens dengan presentasinya yang sederhana namun sangat memukau dan inspiratif. Tak ayal hal ini mengundang tepuk tangan dan gelak tawa dari para audiens dari awal presentasi hingga selesai.

Dalam presentasi yang berjudul The Secret Meaning of Hompimpa Zaini Alif telah memberikan pembelajaran yang nyata kepada kita tentang pentingnya bermain dan nilai-nilai yang terkandung dalam permainan tradisional. Hal ini mengingatkan kita bahwa selama ini kita lupa bahwa kita memiliki warisan leluhur yang syarat dengan nilai-nilai keteladanan hidup melalui aktivitas yang murah dan menyenangkan yaitu permainan tradisional.

Simak Video berikut dan perhatikan ulasannya.

 

Analisis Presentasi

Muhamad Zaini Alif- Rahasia di Balik Makna Hompimpa

 

Pembuka

“Sebelum permainan dimulai ada kata-kata ajaib yang selalu dilakukan oleh anak-anak kita. Kata-kata ajaib itulah yang harus kita lakukan untuk mulai permainan ini.”

“Hompimpa alaihum gambreng.”

“Ok. Kita lakukan bersama…” (Zaini alif mengajak audiens mengucapkan hompimpa alaihum gambreng secara bersama-sama)

“Ok resmilah Anda bermain sekarang dengan saya.”

Ungkapan di atas adalah kalimat pembuka yang menurut saya sangat baik. Zaini Alif mengajak audiens untuk melakukan satu hal yang sangat sederhana, namun efektif untuk menarik perhatian audiens. Kemudian dia melanjutkan dengan memperkenalkan diri dan intermezo yang hangat. Dia mengatakan:

“Nama saya Zaini Alif, saya kecil terus menerus begini karena saya terus bergaul dengan anak-anak.”

Sontak hal ini membuat audiens tertawa dengan riang. Kemudian dia mulai menceritakan kenapa dia meneliti mainan. Cerita dimulai dengan mengisahkan perjalanan Zaini Alif melakukan aktivitas bermain dari masa kecil hingga akhirnya dia memutuskan untuk meneliti tentang mainan tradisional.

Menggunakan cerita yang mendasari inti dari sebuah presentasi sangat baik. Hal itu akan menjadi pengantar yang efektif untuk masuk dalam inti presentasi.

 

Isi

Inti presentasi yang disampaikan Zaini Alif dimulai dengan menjelaskan bahwa dari hasil penelitian yang dilakukannya dia menemukan ada ribuan permainan. Dia memberikan contoh permainan tradisional yang memiliki nilai-nilai pembelajaran dalam kehidupan. Seperti sondah mandah, pacipit-cipit lutung, surser, congklak, gantrik, gobak sodor. Seluruh permainan tradisional adalah konsep leluhur yang disuguhkan kepada anak-anak bagaimana menjalani hidup di dunia.

Hingga akhirnya dia menjelaskan tentang Hong. Hong adalah berasal dari kata-kata ajaib Hompimpa alaihum gambreng. Hom itu menunjukkan Tuhan, Hompimpa alaihum, maksudnya dari Tuhan kembali ke Tuhan. Gambreng itu adalah peringatakan yang menjelaskan bahwa diri kita berasal dari Tuhan dan akan kembali kepada Tuhan. Jadi nilai yang terkadang adalah permainan hompimpa alaihum gambreng, adalah bentuk kepasrahan kita kepada Tuhan dalam menjalani kehidupan.

Dalam inti presentasi ini Zaini Alif juga mengajak beberapa orang untuk melakukan permainan bersama, yaitu permainan sasalimpetan. Bukan hanya dengan beberapa orang yang melakukan permainan tapi dia juga mengajak audiens untuk bernyanyi bersama-sama. Dan saat itu suasana presentasi begitu meriah. Permainan sasalimpetan itu sendiri memberikan pembelajaran bagaimana diri kita menjadi pemimpin.

Apa yang dilakukan Zaini alif ini sangat cerdas, karena dia melibatkan audiens secara aktif dalam presentasinya. Dan ini adalah salah satu ciri presentasi yang menarik.

Kemudian dia menjelaskan bahwa pada intinya permainan itu konsepnya ada tiga. Yaitu mengenal diri, mengenal alam dan mengenal Tuhan. Dia juga menegaskan dengan ungkapan

“Mainan itu penting, mainan adalah sebagai konsep dasar hidup di dunia.”

 

Penutup

“Seluruh dunia punya mainan, saya sudah coba teliti dan semua hampir sama mainannya hampir semuanya sama. Congklak ada di mana-mana, engklek ada di mana-mana, bahwa kekuatan kita ada di sini. Di Indonesia itu paling banyak mainanannya.

Cita-cita saya adalah tiap orang yang belajar mainan itu ke kita. Bolehlah belajar komputer ke Jepang, Amerika atau kemana, belajar mobil bolehlah kemana, tapi seluruh dunia belajar permainan ke kita.”

Ungkapan di atas adalah penutup presentasi, sekaligus mengingatkan kita bahwa Indonesia kaya akan permainan tradisional. Semua orang boleh belajar apapun di negara lain tapi semua orang akan belajar permainan dari Indonesia. Ini adalah penutupan yang cerdas, dengan penutupan ini secara tidak langsung kita disadarkan bahwa negara kita itu kaya dan semua orang akan belajar dari Indonesia. Ini membuat kita bangga dengan Indonesia.

 

Kesimpulan

Dalam presentasi ini, Zaini Alif telah menunjukkan presentasi yang sederhana namun begitu kuat dalam pembawaan serta penggunaan slide yang menarik. Bahasa yang digunakan begitu ringan, seakan-akan dia berbicara layaknya berbicara dengan teman, begitu santai, gembira namun tetap menginspirasi.

Satu lagi kelebihan dari Zaini Alif adalah kemampuannya menghibur audiens dengan gaya jenaka yang dimilikinya. Dia tampil begitu natural. Dialah zaini Alif seorang peneliti permainan tradisional dan seorang presenter handal yang mampu menginspirasi dan mengingatkan betapa kita kaya akan permainan tradisional yang merupakan warisan lelulur yang syarat dengan nilai-nilai kehidupan yang bisa kita jadikan pegangan dalam menjalani kehidupan.

Bagaimana Menurut Anda?

Photo Credit: TEDx Jakarta

Artikel Menarik Lainnya:

 
 
Ads-Header-Diskon-Khusus-Presentasi
 
 

 
 

Silakan baca artikel menarik lainnya:

About Rona Binham

Seorang pendidik, praktisi presentasi, penulis dan blogger pendiri cafemotivasi.com. Dia mengajar, melatih, menulis dan terus berusaha memberikan motivasi dan inspirasi kepada semua orang. Dengan sebuah motto “Orang hebat adalah orang yang hidupnya penuh inspirasi dan menginspirasi.” Simak di sini profil lengkapnya.

Sampaikan Komentar Anda

  1. good, benar2 hebat, salam kenal buat kang Zaini Alif. sangat inpiratif

  2. kira2 utk mendapatkan videonya gmn ya, mhn info, thanks.

  3. hanya satu kata “inspiratif”

  4. awalnya tidak terfikirkan oleh saya ,apa yang akan di sampaikan .
    tapi setelah menyimak apa yang sudah di sampaikan oleh kang alif
    saya kagum ,sesungguhnya untuk membuat satu kreatifitas dan belajar itu tidak selalu harus dari sekolah atau pun di bangku kuliah .

    banyak hal positif yang dapat di petik dari presetasi ini .

    sukses kang alif

  5. Agung Jaya berkomentar:

    presentasinya pake tablet ya? belum pernah nyoba nih, gmn caranya?

    • Sepertinya yang digunakan adalah android. Jika Anda menggunakan Android maka yang perlu Anda persiapkan hanya software untuk presentasi saja. Dengan catatan android yang digunakan memiliki fitur yang mempunyai kemampuan untuk memproyeksikan tampilan secara langsung tanpa membutuhkan perangkat tambahan (proyektor).

      Bagaimana jika Android yang digunakan tidak memiliki fitur tersebut?

      Ada cara lain Anda bisa menghubungkan android anda dengan komputer/leptop yang terhubung ke proyektor kemudian kendalikan perangkat tersebut dengan menggunakan android. Tentunya Anda harus instal software pengendalinya dulu. Salah satunya bisa menggunakan Droid VNC Server. Silahkan Anda cari di internet,

      Semoga membantu…

    • Muhammad Noer berkomentar:

      Kebetulan saya menyaksikan langsung presentasi tersebut di Jakarta International School sekaligus sebagai pembicara untuk topik membaca cepat di acara yang sama.

      Presentasi menggunakan software Keynote (Powerpoint untuk komputer Mac). Sebagai remote-nya digunakan iPhone. Dengan demikian, setiap presenter bisa berpindah slide menggunakan iPhone. Juga berfungsi sebagai “presenter note” jadi presenter bisa tahu slide apa yang akan muncul berikutnya. Syaratnya komputer yang dipakai dan iPhone yang digunakan terhubung ke WiFi yang sama.

  6. Ujang Anwar berkomentar:

    huuuueeebat……..salam kenal buat Zaini Alif.

  7. DAHSYAT….

  8. luar biasa, buat Zaili Alif.

  9. supeeeer

  10. like it

  11. siip okeh

Leave a Reply