Contoh Slide Presentasi Powerpoint Yang Baik dan Menarik

Sebuah slide yang baik akan mampu menjelaskan ide dan gagasan yang ingin disampaikan seorang presenter. Dengan demikian, audiens akan terbantu ketika melihat slide yang ditampilkan dan presenter pun lebih mudah menjelaskan apa makna yang dikandung oleh slide tersebut.

Lantas, apakah ciri khas dari slide yang mampu menggambarkan pesan dengan lebih baik?

Coba perhatikan pasangan slide berikut ini. Mana menurut Anda slide yang lebih baik?

 

Penggunaan Kata Kunci dan Gambar

Mengapa Organisasi Belajar - Bad  Mengapa Organisasi Belajar - Good

Slide kiri menggunakan bullet point, bentuk slide paling standar di dunia.

Conth slide di kanan lebih kreatif dan mudah dicerna audiens. Slide ini hanya menggunakan gambar dan kata kunci saja.

 

Meringkas Teks

Berapa banyak buku yang Anda baca - Bad  Berapa banyak buku yang Anda baca - good

Slide kiri sudah baik menggunakan gambar yang kuat dan teks yang mengandung pertanyaan.

Namun slide tersebut dapat diperbaiki lagi dengan hanya mengajukan pertanyaan yang lebih ringkas kepada audiens. Perhatikan contoh slide presentasi di sebelah kanan. Ini membantu memperkuat pesan yang ingin disampaikan.

 

Mengganti Teks Panjang Dengan Gambar dan Angka

Indonesia - Bad  Indonesia - Good

Slide kiri bercerita tentang kepulauan Indonesia. Slide tersebut memaparkan data berapa banyak pulau dan apakah pulau tersebut dihuni atau tidak. Slide ini juga menggunakan pendekatan standar bullet point.

Slide di sebelah kanan jauh lebih ringkas. Dengan gambar yang menunjukkan banyaknya pulau-pulau yang ada di Indonesia dan menggunakan angka yang diperbesar, contoh presentasi ini tampil lebih baik sebagai komunikasi visual. Adapun penjelasan detail adalah tugas presenter untuk menjelaskannya.

 

 

Mengubah Cara Penyajian Lebih Menarik

Manfaat Membaca Cepat - Bad  Manfaat Membaca Cepat - Good

Slide di kiri tampil menarik dengan menggunakan kotak berwarna warni berisi penjelasan apa manfaat dari keterampilan membaca cepat.

Slide di kanan tampil lebih menarik lagi dengan menempatkan judul membaca cepat di tengah dan dibuat bergaya mind map dengan membuat empat cabang yang berisi ringkasan dari manfaat membaca cepat menggunakan hanya kata kunci saja ditambah gambar yang mewakili kata kunci tersebut.

 

Penempatan Posisi Gambar

Einstein - Bad  Einstein - Good

Slide kiri sudah cukup bagus menampilkan kutipan ucapan seorang tokoh yakni Albert Einstein. Slide seperti ini cocok untuk pembuka atau penutup sebuah presentasi.

Walaupun demikian, contoh slide presentasi sebelah kanan terlihat lebih baik lagi dengan memperbesar gambar tokoh tersebut dan menghilangkan latar belakangnya. Teks diletakkan berhadapan langsung dengan wajah tokoh tersebut sehingga seolah-olah dia berbicara langsung kepada audiens. Slide ini jauh lebih kuat lagi dampak visualnya dan menggugah emosi daripada slide di kiri.

 

>> DOWNLOAD CONTOH PRESENTASI YANG BAIK DAN MENARIK DI ATAS (PPT 3 MB)

 

Apakah Anda sudah mendapat gambaran bagaimana membuat slide yang baik tersebut?

Sebagai ringkasan, inilah ciri-ciri slide yang baik:

 

1. Satu slide, satu pesan

Slide presentasi yang baik hanya terfokus pada satu pesan. Tiap slide sebaiknya mewakili sebuah ide yang ingin dijelaskan. Jangan mencampur beberapa ide berbeda ke dalam satu slide. Audiens akan bingung dan sulit mencernanya.

Slide yang fokus pada satu pesan akan lebih kuat, lebih mudah diingat sekaligus mampu menjadi alat komunikasi visual.

 

2. Sederhana

Sederhana itu indah. Hal yang sama berlaku untuk slide. Slide sederhana mudah dipahami audiens dalam beberapa detik pertama. Lakukan hal ini dan pastikan pesan yang ingin disampaikan jelas.

Jangan gunakan slide yang rumit sehingga audiens kesulitan memahami maksudnya. Ini mengganggu proses komunikasi visual yang sedang Anda lakukan dalam presentasi. Alih-alih membantu komunikasi, slide tersebut malah menghambat komunikasi. Bahkan tak jarang presenter justru menjadi kesulitan menjelaskan maksud dari slide-nya sendiri.

 

3. Perkuat penjelasannya, bukan mengulang pesannya

Slide berfungsi untuk mendukung apa yang akan Anda bicarakan secara verbal. Karena itu, Anda bisa menampilkan gambar, diagram, atau ringkasan dari apa yang dibahas. Gunakan hanya kata kunci. Ini membantu audiens menyerap intisari dari ide yang dijelaskan.

Slide seperti ini akan memperkuat penjelasan Anda. Jangan tuliskan seluruh teks yang ingin Anda sampaikan dalam slide. Hal itu membuat pengulangan-pengulangan yang tidak perlu. Jika sudah dituliskan seluruhnya, kenapa harus dibacakan lagi?

 

4. Kuat secara visual

Slide yang baik memiliki kesan visual yang kuat. Artinya, slide tersebut mampu menumbuhkan semangat, mengundang pertanyaan, menciptakan rasa ingin tahu, atau menggugah emosi audiens.

Jika Anda menggunakan gambar, pilih yang paling tepat untuk menggambarkan situasi yang Anda jelaskan. Jika Anda menggunakan diagram, pastikan mudah dipahami, dan fokuskan perhatian pada bagian penting dari data yang ditampilkan. Jika Anda menggunakan teks, pilih kata kunci yang mewakili gagasan yang ingin disampaikan. Jika Anda menampilkan video, pilih segmen yang mampu menjelaskan pesan dengan menarik.

 

5. Gunakan teks dengan ringkas

Slide yang baik harus bisa terbaca oleh audiens terjauh yang menyaksikan presentasi. Jika tidak bisa terlihat, artinya slide itu tidak berguna ditampilkan. Bukankah slide untuk menyampaikan gagasan secara visual?

Beberapa ahli presentasi menyarankan maksimum lima baris teks. Dengan demikian seandainya Anda harus menampilkan teks dalam bentuk daftar, pastikan tidak lebih dari lima baris.

 

6. Hindari bullet point

Dalam buku Really Bad Powerpoint, Seth Godin mengajak para presenter untuk tidak terpaku pada bentuk slide paling standar di dunia: menggunakan bullet point.

Banyak cara menyampaikan gagasan selain dengan bullet point. Gunakan kreativitas Anda. Seandainya Anda masih perlu menggunakan bullet point, pastikan hanya melakukannya sesekali saja. Jika tidak, bersiaplah untuk dianggap membosankan.

 

7. Alur yang teratur

Slide-slide yang baik memiliki alur teratur, dari pembukaan, penjelasan, sampai penutup. Audiens akan melihatnya sebagai satu kesatuan yang harmonis dan sinergis. Slide yang isinya melompat-lompat dari satu topik ke topik yang lain tanpa alur yang jelas akan menyulitkan audiens untuk memahaminya.

 

Jika Anda ingin melihat contoh slide presentasi yang memiliki ciri-ciri di atas, kunjungilah situs slideshare.net dan cari para pemenang presentasi terbaik setiap tahunnya. Anda akan menemukan slide-slide berkualitas yang mampu menjelaskan gagasan dengan bahasa yang mudah dan gambar yang menggugah emosi.

Jika Anda sudah mengetahui ciri-ciri slide yang baik, maka mulailah menerapkannya setiap kali membuat slide presentasi. Mungkin tidak selalu mudah pada awalnya, karena Anda belum terbiasa. Tapi lama kelamaan Anda akan menjadi seorang komunikator visual yang handal.

 

UPDATE:

Artikel di atas telah dirancang dalam format video. Anda bisa menyaksikan dan mendownload videonya di sini.

Jika Anda ingin mendapatkan Slide Presentasi Inspiratif Kelas Dunia, silakan klik disini.

Dan jika Anda ingin belajar menjadi presenter yang memukau, kami membuka pelatihan khusus buat Anda untuk menyusun konten yang terstruktur, membuat desain slide yang inspiratif, dan menyampaikan presentasi secara memukau. Silakan simak detailnya di sini.

Artikel Menarik Lainnya:

 
 
Ads-Header-Diskon-Khusus-Presentasi
 
 

 
 

Silakan baca artikel menarik lainnya:

About Muhammad Noer

Seorang praktisi di bidang presentasi. Baginya, menguasai keterampilan presentasi sama dengan menguasai keterampilan komunikasi publik. Dapatkan buku yang ditulisnya di sini atau baca profil lengkapnya di sini.

Sampaikan Komentar Anda

  1. Nanang Chalid berkomentar:

    Cool stuff brur! Keep writing!

  2. Irma Putri Damayanti Kusuma berkomentar:

    wew kereeeen bisa di share di link facebook ga?

  3. Web Anda yang ini juga sangat bagus……keren, keren.
    Wonderful.

    • Muhammad Noer berkomentar:

      Terima kasih Pak Yodhia. Saya juga belajar banyak dari tulisan-tulisan bapak. Website ini akan fokus pada presentasi baik itu teknik penyampaian, merancang slide, dan bagaimana merangkum ide ke dalam presentasi yang baik dan menarik. Salah satu topik yang saya sukai :)

  4. kereeeennnn….!!!

  5. nOVIANSYAH berkomentar:

    Terimakasih sekali dan sangat bermanfaat, semoga Bpk selalu mendapat segala petunjuk dan ide2 yang dapat membuka cakrawala kemajuan di Indonesia.

  6. sangat membantu sekali untuk presentasi Trim, s atas semuanya.

  7. CB Annexatie berkomentar:

    mantap …..

  8. Subkhanallah. Amazing, luar biasa, God Bless you, bung Noer, Ilhame qui lho thek mengalir Guaampang men. Semoga Engkau dipanjangkan Umur. Artikel sangat menarik praltis, mudah dipahami. mudah dicerna. AKu mulai tertarik pada artikel Bung, sejak aku baca teknik membaca cepat. Matur Nuwun. God blessing!

  9. Bagaimana caranya menambahkan animasi atau gambar yang bergerak di powerpoint?

  10. Yudhi Hendro berkomentar:

    Kata kunci dan gambar : Inilah inti dari presentasi mas NOer. Makasih banyak infonya. Sangat membantu saya untuk menyajikan presentasi yang baik dan menarik.

  11. Denpri berkomentar:

    Mas Moehammad Noer, Sudah lama saya mengikuti artikel Mas Moehammad Noer, beberapa komentar saya..Bagus, Sistemmatis, Fokus, Sederhana akan tetapi effektif, kesulitan terbesar umumnya masyarakat kita adalah dalam berpresentasi..dari kecil umunya kita senang berbicara ketika orang lain berbicara mungkin dikarenakan tema nya membosankan, satu arah dan ada unsur pemaksaan harus mendengar atau kita sendiri belum pandai mendengar opini dan presentasi orang lain, kurang sabar..kalau ditanya pendapat umumnya jawaban zona aman, seperti ya lumayan lah..bisasa saja dan lain sebagainya..mudah-mudahan dengan belajar presentasi yang baik dapat diterapkan dikehidupan sehari-hari sehingga kita memperoleh mitra, sahabat dan rekan kerja yang lebih banyak lagi..Terimakasih Mas atas Pencerahannya

  12. sangat bermanfaat Mas Nur. semoga makin menginspirasi banyak orang.

  13. mantap……

  14. Menurut saya media hanyalah merupakan pendukung dari presentasi, salah salah anda menempatkan media slide, para peserta bukan memperhatikan apa yang anda omongkan tapi memperhatikan gambar di slide yang anda tampilkan. Makanya Stive Jobs ceo apple, seorang inovator besar tidak pernah menggunakan slide saat presentasi.

    • Jika sering menonton Steve Jobs presentasi di MacWorld atau Apple WWDC, beliau juga pakai slide koq. Bedanya dari kebanyakan orang adalah slidenya selalu ringkas, fokus, estetis, juga hanya menampilkan apa yang penting untuk membuat penekanan.

    • Jika sering menonton Steve Jobs presentasi di MacWorld atau Apple WWDC, beliau juga pakai slide koq. Bedanya dari kebanyakan orang adalah slidenya selalu ringkas, fokus, estetis, juga hanya menampilkan apa yang penting untuk membuat penekanan.

    • menurut saya pengutaraan mengenai slide presentasi yg baik di atas oleh muhammad noer sudah sangat baik, disana dia menekankan hal2 menarik yg dapat mmbuat presentasi tdk mmbosankan, karena seharusmya presentasi adalah menerangkan sesuatu dengan sejelas jelasnya namun dgn cara yg sederhana serta dpt menarik perhatian seperti mgganti kata2 dgn gambar seperti yg di utarakan di atas, bukan membaca tulisan yg ada di slide tsbt,. good job noer!

    • Steve Jobs sering menggunakan slide tapi minimalis dan KUAT. saya setuju, salah satu ciri slide yang jelek adalah "memisahkan" slide dengan pembicara-nya. makanya muhammad noer saya pikir sudah tepat menyampaikan rambu-rambu yang perlu difahami agar bisa presentasi itu menjadi kesatuan yang utuh dan pesannya diterima dengan sangat baik. presentasi=komunikasi

  15. indah berkomentar:

    bguuuuuuus banged jd punya inspirasiiiii makciiih yaaaah,,,smga bisa tampilin info yg lbh bmanfaat tuk org banyak yaaa dtungguuuu,,,

  16. Top mas terima kasih atas pencerahannya

  17. yennie berkomentar:

    Trima ksh … saya baru punya keberanian untuk mencoba.. setelah membaca ini .. kami tunggu ide2 lainnya,,

  18. wah ini sangat membantu dan mebuat slide prensentasi jadi lebih mudah, trima kasih mas sharing ilmunya, semoga ide brilian sering muncul dan disebar luaskan

  19. Andry Prasetyo berkomentar:

    Terimakasih telah melibatkan saya dalam forum saudara. Kami tunggu kejutan-kejutan berikutnya. Salam, Andry Solo.

  20. Koeswantoyo berkomentar:

    Terima kasih, sangat membantu saya dalam membuat presentasi…terus bersemangat membantu mencerdaskan Indonesia…semoga barokah.

  21. Wow…. Awesome Content Bro.. :) Artikelnya Singat, padat dan aplikatif. two thumbs up. …

    @AwesomePanji

  22. Yati berkomentar:

    Alhamdulillah, inspiring! Semoga jadi amal sholeh buat mas Noer.

  23. ziiyda berkomentar:

    ma….kasih kang…\
    jadi sadar salah banyak dalam presentasi

  24. aku suka buat power point…..aplikasi powerpoint memang mengkhayalkan aku rrrr……..canteeekkkk

  25. Anonymous berkomentar:

    woww…good…thanks…cak Nur…saya yakin akan banyak manfaat!

  26. oky berkomentar:

    siiiipp… makasi gan :D

  27. Ismail berkomentar:

    terima kasih atas sharingnya, sangat bermanfaat..,

  28. efendi berkomentar:

    Terima kasih, sangat bermanfaat Pak M.Noor buat saya. Maju terus !!!!!!!!!!!!!!!

  29. Agung Firatmadi berkomentar:

    Jazakallahu khoir , akhi Noor.. sungguh bermanfaat dan pencerahan yang luar biasa. sangat membantu..

  30. sangat bermanfaat buat menambah pengetahuan saya n sukses selalu ….

  31. Terimakasih atas pengetahuan yang sudah dibagikan. Saya sangat terbantu dan menjadi tahu lebih dalam bagaimana presentasi dengan segala thethek bengeknya.

  32. Info yg sangat menginspirasi, thanks good luck

  33. Terimakasih telah banyak memberi contoh2 cara menampilkan yang lebih mudah u/ dimengeri oleh orang lain.

  34. Lham Erianto berkomentar:

    trima kasih atas bantuanya saya bisa mengerjakan powerpoin dengan lancar.

  35. Anonymous berkomentar:

    Thanks to info yang sangat berguna.

  36. Mariah Chilfati berkomentar:

    terimakasih….buat kami coba….

  37. Terimakasih pencerahannya…. melihat video anda sungguh luar biasa. kesederhanaan tampilan ternyata tidak mengurangi keunggulan pribadi anda. Visualisasi presentasi anda menambah keutuhan presentasi Anda. Sukses selalu

  38. Widhiyha D'Miraclez Angel berkomentar:

    thx

  39. sangat membantu sekali mas, kebetulan sbentar lagi saya mau sidang presentasi seminar.
    terimakasih banget.

  40. trimakasih mas, luar biasa menambah insight saya.

  41. subhanallah, sangat bermanfaat, semoga allah membalas kebaikan bang Noer.

  42. Banyak bermanfaat, Terima Kasih banyak.

  43. Banyak bermanfaat, Terima Kasih banyak.

  44. Luar Biasaaaa

  45. Luar Biasaaaa

  46. Menambah inspirasiku menjadi Trainer.

  47. Jhons Fatriyadi berkomentar:

    Siip.. T.ksih atas masukan2nya…

  48. trims atas ilmu yang diberikan…

  49. korie berkomentar:

    bagi yang berminat buku tentang presentasi “RAHASIA PRESENTASI STEVE JOBS” dapat menghubungi kami
    karena buku ini sangat mengilhami kami dalam melakukan sebuah presentasi yang baik

  50. nice..

  51. ya setuju, dengan perbandingan yang ditampillkan tsb di atas, terlihat bahwa kata kunci, gambar/diagram, cara penyajian yang tepat serta penjelasan yang kuat dan simple…. dapat membuat presentasi menjadi lebih menarik.

  52. very nice, thank you. I got your points.

  53. thanks

  54. Aldo Alatas berkomentar:

    Good job..

  55. It is very Good Pak Noor, It is full inovation… Thanks

  56. Add a comment…

  57. Yoi mas Nur, Smoga sbg Jariyah buat panjenengan…

  58. Good…

    Thx yea tas ide"nya,,

  59. Mantap

  60. Katana Van Der Wick berkomentar:

    Good Idea :)

  61. BAGUS SEKALI BUKU NYA,, PENGEN IKHH.

  62. farah firdausi berkomentar:

    sebentar lagi saya akan presentasi untuk tugas akhir yang telah disusun, dan pembahasan ini sangat membantu saya.. terimakasih :)

  63. Bang Iful berkomentar:

    very good. it helps me improve my presentation.

  64. Bang Iful berkomentar:

    very good. it helps me improve my presentation.

  65. slamat mas bro.

  66. Shobat Berilmu berkomentar:

    excotic…………………..good

  67. Hasan Abidin berkomentar:

    sip akh….

  68. Sangat Berguna.

  69. Sangat Berguna.

  70. terima kasih, kami akan coba.

  71. good…

  72. syukron

  73. Nursila Laadjim berkomentar:

    I like it,,,

  74. aduhhhhhhhhhh ngayol

  75. Smoga banyak manfaatnya.

  76. nuryaqin berkomentar:

    boleh ngga minta tolong dibuatin slide presentasi untuk tugas akhir saya….soalnya sy uda coba buat sesuai saranya,,,,tpi kynya psnya blum tersmapaikan….

  77. mantap

  78. Mohamatd Faisal Firdaus berkomentar:

    BENGET AH

  79. thx sharingx

  80. Gracia Dayanara berkomentar:

    Sangat membantu. Terimakasih :D

  81. goods

  82. bagus…tp mau memulai yg agak berat.

  83. Terima kasih atas ilmunya sangat bermanfaat.

  84. mksh
    ini menambah wawasan bgt ^_^.

  85. Wahyu Catur berkomentar:

    Terima kasih Pak Muhammad Noer, sangguh membatu saya.

  86. Perlu ide2 yg lebih greget, tp membantu.

  87. like this :)..

  88. sipppp lah

  89. oke juga untuk membantu wawasan…

  90. gooooooooddddd…..

  91. siiiiip

  92. Yadi purnomo berkomentar:

    That’s what I want…thaks…

  93. Yadi purnomo berkomentar:

    That’s what I want.. thanks..

  94. TITIN berkomentar:

    Menarik sekali ,saya merasa sangat beruntung dapat email dari Pak Noer, luar biasa disaat semuanya serba dijual mahal bapak dengan ikhlas membagi ilmunya yang sangat bermanfaat secara gratis, mudah2n ladang amal ini akan selalu membawa berkah P’ Noer dunia akhirat…dan semakin memudahkan jalan rezekinya dari pintu yang tidak disangka2…Salut dan merupakan pembelajaran bagi kita2 semua atas keikhlasan p’ Noer brbagi….”berbagi itu indah”…Salam

  95. goood sya jadi lebih paham membuat presentasi.

  96. Rahmad Cahyo berkomentar:

    this is very good.

    thank's

  97. Demmy Hatumesen berkomentar:

    Mantap dan terima kasih.

  98. nice thing,,, thankz kak,, ;) doain mg sukses presentasi mapresx.. ;)
    amin,

  99. nice thing,,, thankz kak,, ;) doain mg sukses presentasi mapresx.. ;)
    amin,

  100. Pengen jadi presenter, setelah baca buku Presentasi Luar Biasa. ☺

  101. sulit yang dipelajari.

  102. mksih,,,,

  103. Ilmu yang sangat membantu,,,, :)

  104. sangat membantu

  105. good job

  106. yess… I Like It… thanks Mas :-D).

  107. Thank a lot buat M Noer.

  108. maya berkomentar:

    syukron katsiiro mas noer, sangat bermanfaat sekali

  109. trims e booknya semoga menjadi manfaat, amin…

  110. Wahyono Expresy berkomentar:

    very good

  111. Good, I like this.

  112. good

  113. Indrie Cube berkomentar:

    he_emmbb btulll….

  114. comment ya,
    kebetulan 2 bulan lalu belajar tentang powerfull presentation, bayarnya nyaris 2 juta sehari. tahu ada web ini aku gak ikutan mayan hemat 2 juta he he.

    Makasih inspirasi

  115. sippp….

  116. Good good. Artikel yang sangat menarik dan bermanfaat bagi saya. Thanks

  117. nicee….

  118. Cara brilian

  119. Suyono Suharjo berkomentar:

    Terima kasih mas Muhammad Noer, selamat puasa Ramadhan 1433H,
    Semoga Allah SWT senantiasa melimpahkan barokah, rahmat dan nikmatNya bagi kita sekalian.
    Amin YRA

  120. THANKS VERY NICE………

  121. reza fansori berkomentar:

    bermanfaat dan moga-moga bisa diamalin untuk seterusnya

  122. Excellent……next?

  123. anggi berkomentar:

    pak sms saya dong pengen belajar banyak sama bapak tentang presentasi, 085868957192

  124. inspirasi saya untuk persentase di depan siswa.

  125. sangat bermanfaat dan minta ijin utk di-share.

  126. rahmadiana berkomentar:

    sangat bermanfaat :)

  127. D'princess Ray berkomentar:

    thanks…..
    smoga saya bisa…….
    akan saya coba.

  128. Sangat menginspirasai….terimakasih banyak semoga makin berkah melimpah ilmunya.

  129. wahh luar biasa, ternyata ada triknya ya.
    yang paling utama membuat audiens mudah memahami isi presentasi.

  130. Wahyuda Eka Permanaditya berkomentar:

    makasih saya lebih bisa mempersiapkan presentasi saya.

  131. risha berkomentar:

    saya nak buat presentation kat skola i ni
    mcm mana nak buat

  132. Gufron Alviandra Fanani berkomentar:

    membuat sya lbih tau.. mkcih

  133. mana slide ny

  134. Ok

  135. Mantap……….

  136. for all, never stop learning…

  137. Makasih Pak Dapat pengetahuan baru..

  138. trims atas model presentasinya akan saya coba lebih giat lagi untuk membuat siswa lebih tertarik.

  139. Bantu dong :D

  140. mudah2 bisa membantu saya dalam presentasi.
    terima kasih sebelumnya.

  141. coey berkomentar:

    tipsnya luarrr biasa………
    numpang copas ilmunya y mas………..

  142. luar biasa.numpang copas ilmunya y mas.

  143. Terima kasih, saya akan mencoba persentasi.

  144. Contoh slide presentasi yang baik dan menarik sungguh bermanfaat bagi pengembangan usaha kami dibidang jasa pajak pribadi online dalam waktu dekat ini.

  145. galon berkomentar:

    ini sangat bagus, makasih

  146. Venantia Nara Reggi berkomentar:

    makasih, buat kami coba…

  147. heeemmbbbbbb :’(

  148. wokeh tes gud lah.

  149. good, thank untuk infox.

  150. oke deh

  151. I think it's good..

    thx,,

  152. trias berkomentar:

    terimakasih…sangat bermanfaat dan menambah ilmu….

  153. mantaf….

  154. mantaf….

  155. wow aku menemukan tempat belajar yang baik…tq.

  156. OK MAKASIH MAS,…

  157. nice

  158. Rouf Nak Botanicalgarden berkomentar:

    the examle of the be best.

  159. Thian L berkomentar:

    Cool,!

  160. I am very grateful to Mr. noer which give encouragement to me, and I was able to presentation.

  161. Alhamdulillah dan terima kasih kami haturkan, mudah-mudahan tulisan salah satu " Tulisan untuk keabadian" bagi Mas Noer.

  162. keren skaleee…sukses sll..

  163. TERIMA KASIH :)

  164. terima kasih sekali lagi. saya baru liat Mas Noer di TED… luar biasa. mudah-mudah saya bisa seperti itu.

  165. sAYA SANGAT TERTARIK.

  166. Thank you…..

  167. thank's your info bos.

  168. tanks,,, wa coba lu ia.. :)

  169. makasi

  170. Chelviea Iztheyoungest berkomentar:

    thanks for your information.

  171. sempurna………………..thank buanyak

  172. trims atas masukannya..

  173. Wulandhari Novita berkomentar:

    THANK..

  174. terima kasih pak :D

  175. makasih :)

  176. Arinal Haq Akbar berkomentar:

    wew

  177. ide yang kreatif dan bagus dalam presentasi, terima kasih ilmunya.

  178. TERIMA KASIH, INI SANGAT BERMANFAAT DN MEMBANTU.

  179. SHUPER SE X.

  180. TERIMA KASIH

  181. Pembelajaran yang sangat apik dan mudah dipahami, terimakasih atas sharing ilmunya pak Noor

  182. wonderful,

  183. Jana Mahesa Tea berkomentar:

    Makasih…
    tlah mmudahkan tugas ku…

  184. Terima kasih sudah memberikan contoh slide untuk Presentasi.

  185. mantap

  186. Alvin [email protected] berkomentar:

    Izin sedot bang, simple & menarik! I like it.

  187. biasa

  188. Abdul Harish Nafis berkomentar:

    Berguna sekali terima kasih.

  189. Jimmy Palewa berkomentar:

    nice info

  190. saya sangat tertarik dan ingin mebuat presentasi saya bagus didepan pim saya.

  191. terima kasih banyak.

  192. JuNy Artha'One 'Anax Bisma' berkomentar:

    keren

  193. Enhy Putri Az-zahra berkomentar:

    thanks

  194. Rinaldy Eky Eldyansyah berkomentar:

    thank
    :)

  195. Itha Swetigirl berkomentar:

    thank…

  196. WOOOW… bagus banget… moga2 saya bisa membuat semacam itu! thanks ya pak…

  197. Thanks Sangat Bermanfaat….:)

  198. Nailil Mukarromah berkomentar:

    top already I verry happy with your blogg…
    and thanks for learn me about that..

  199. kerene buangetttt…I like that…

  200. keren buangett..I like that…thanks a lot.

  201. thanks, sungguh sangat membantu :)

  202. Elza Rusmana berkomentar:

    ehh ga ada gunanya.. :p

  203. bagus, namun seandainya isi dari persentasi yang atasan sy berikan seperti apa desaindnya agar tetap terlihat menarik dan cukup spacenya.

  204. thanks pak Noer, artikelnya mantap dan bermanfaat.

  205. Terima kasih banyak Mas Noer, Anda sangat baik sekali memberi pengetahuan yg bermanfaat. Semoga ALLAH SWT membalas kebaikan anda. Amin

  206. thanks

  207. saya do'akan jadi pahala ibadah.

  208. apa itu slide interaktive…

  209. Ahmad Ghiffari berkomentar:

    '..tidak semua slide memudahkan seorang presenter untuk menyampaikan ide dan gagasan. Hanya slide yang baiklah yang dapat menjelaskan makna yang ingin disampaikan presenter..'

  210. Ahmad Ghiffari berkomentar:

    '..tidak semua slide memudahkan seorang presenter untuk menyampaikan ide dan gagasan. Hanya slide yang baiklah yang dapat menjelaskan makna yang ingin disampaikan presenter..'

  211. Ahmad Ghiffari berkomentar:

    '..tidak semua slide memudahkan seorang presenter untuk menyampaikan ide dan gagasan. Hanya slide yang baiklah yang dapat menjelaskan makna yang ingin disampaikan presenter..'

  212. brilian berkomentar:

    bagus…bagus….bagus…..

  213. thanks

  214. terimakasih pengetahuannya

  215. Sangat mendidik dan mencerahkan

  216. Sangat komplit sekali bahasnya pak, sangat menarik disimak hingga akhir.
    Inspirasi saya kalau mengenai Presentasi itu… Steve Jobs! :)

    Salam,
    Kemaludin

  217. Selain slide yang menarik,
    penguasaaan materi dan kemampuan beretorika pun perlu dikuasai agar pesan yang kita maksudkan tersampaikan dengan baik..

  218. andi berkomentar:

    saya kesulitan mencari gambar yang cocok dengan tulisan. bagaimana ya tipsnya? terima kasih.

  219. THANKS ATS BANTUAN NYA.

  220. Cerdaskan ummat mandirikan bangsa.

  221. eriman berkomentar:

    terima kasih Mas Nur, sangat mencerahkan !

  222. terima kasih info y

  223. Giri berkomentar:

    Terima Kasih Banyak :)

  224. alex berkomentar:

    terima kasih bapak-bapak semuanya.

  225. amazing……

  226. Faizal Roem berkomentar:

    Tiada kata yang pantas yang diberikan untuk semua ilmu yang Pak Muhammad Nur shering kan, kecuali Ucapan “Trimakasih”. namun jika boleh bertanya bagaimana teknik mengajar yang menyenangkan namun efektif? kebetulan saya pengajar di BIMBEL.Tk

  227. jleb…saya sering banget ber bullet dlm ppt saya…ternyata big mistake ya

  228. pak, saya tertarik belajar presentasi dari bapak utk meningkatkan jualan saya. bagaimana caranya?

  229. pak, kalau untuk membuat slideshow portofolio dg PPT ada tips/contohnya kah pak?

  230. hairul berkomentar:

    Thank. mudah2an dapat menjadi referensu yang bermanfaat buat saya. sekalki lagi, thanks.

  231. terimakasih pak referensinya,.

    kunjungi[ Microsoft Powerpoint Berbasis Flash ]
    di http://powerpoint-flash.blogspot.com/

  232. oddy berkomentar:

    Terima kasih p Nur. semoga karya kreatifnya dpat menular kpd kami dan yg lainnya.

  233. Blog anda ini menarik buat acuan kami,tulisan ini cukup berkesan,terima kasih banyak.

Situs yang membuat link ke halaman ini

  1. [...] ini sebenarnya sangat sederhana. Versi simpel-nya adalah dengan membuat bulleted list. Namun dengan mengubahnya menjadi gambar visual Anda dapat membuatnya lebih baik dan memberi kesan kuat bagi audiens. Jika ingin memberi gambar, [...]

  2. [...] Hal ini menjadi salah satu alasan mengapa saya menulis buku ini. Untuk membantu Anda memperbaiki kualitas presentasi. [...]

  3. [...] Presentasi adalah sebentuk komunikasi. Komunikasi presentasi dilakukan secara terpadu: lewat suara, gambar, dan bahasa [...]

  4. [...] Bahkan banyak orang baik hati memberikan buku digital atau e-book secara gratis kepada pembaca. Contohnya anda bisa membacanya di http://www.presentasi.net/contoh-slide-presentasi-powerpoint/ [...]

  5. [...] pilih kata yang ringkas, relevan, dan tepat sasaran. Pastikan setiap slide hanya memiliki satu pokok pikiran sehingga bisa mempengaruhi audiens Anda secara [...]

  6. [...]  Clik di sini untuk  mulai berusaha membuat slide presentasi kelas dunia yang bisa membuat apa yang Anda sampaikan bisa tersampaikan dengan baik. [...]

  7. [...] Contoh Slide Presentasi Powerpoint Yang Baik dan Menarik NOVEMBER 2, 2011 BY MUHAMMAD NOER 137 COMMENTS [...]

  8. [...] ini, Zaini Alif telah menunjukkan presentasi yang sederhana namun begitu kuat dalam pembawaan serta penggunaan slide yang menarik. Bahasa yang digunakan begitu ringan, seakan-akan dia berbicara layaknya berbicara dengan teman, [...]

  9. […] presenter adalah menyiapkan slide presentasi menggunakan prinsip-prinsip desain yang baik. Meringkas teks dan menampilkan gambar visual yang relevan sehingga slide tidak kebanyakan […]

  10. […] template powerpoint tersebut sesuai selera Anda. Dengan memanfaatkan slide master Anda akan mampu membuat slide yang menarik dan konsisten dalam waktu yang lebih […]

Leave a Reply