Humor Cerdas Dalam Presentasi Al Gore

 

Salah satu teknik membuka presentasi adalah menggunakan humor. Semua orang menyukai humor.

Dalam salah satu presentasi di TED, Al Gore, mantan wakil presiden Amerika Serikat menggunakan teknik humor ini. Anda bisa menyaksikan bagaimana Al Gore membuka presentasi dengan humor yang membuat audiens tertawa setelah dia tidak lagi menjadi wakil presiden.

Silakan saksikan video di atas terlebih dahulu sebelum Anda membaca analisa presentasi ini.

 

Analisa Presentasi:

Al Gore on averting climate crisis

 

Pembukaan

Al Gore secara cerdas membuka presentasinya dengan mengucapkan terima kasih atas komentar yang diberikan oleh audiens dalam penampilan dia sebelumnya. Kemudian dia menyelipkan humor yang membuat orang tertawa bahwa dia membutuhkan penghargaan tersebut.

Al Gore juga membuka presentasi dengan humor satire yakni begitu dia tidak lagi menjadi wakil presiden dia harus membuka sepatu untuk melewati pemeriksaan di bandara. Dia juga bercerita bagaimana dia harus menyetir sendiri, makan di restoran sederhana dan orang membicarakannya.

 

Gesture

Harus diakui Al Gore memiliki kemampuan menampilkan ekspresi wajah dan gesture yang sangat baik. Ini membantunya dalam menggunakan humor dalam presentasi. Anda bisa melihat mimik wajah yang menunjukkan rasa kaget, keheranan, sedih dan berbagai ekspresi lainnya ketika dia menjelaskan presentasinya.

 

Isi

Jika diperhatikan, sesi humor pembuka yang disampaikan Al Gore cukup panjang dan tidak terlalu berhubungan dengan isi utama presentasinya. Walaupun demikian, Anda bisa melihat audiens tidak merasa jenuh karena dia berhasil menampilkan humor dengan cara jenaka dan menarik.

Jika Anda menggunakan humor, pastikan pula tidak terlalu panjang sehingga perhatian audiens beralih ke humor dan bukan pada isi presentasi Anda.

 

Kesimpulan:

Jika Anda punya sense of humor yang tinggi, menggunakannya secara wajar di awal presentasi akan sangat membantu mencairkan suasana. Tidak hanya itu, dengan humor Anda juga mempersiapkan audiens untuk mendengarkan bagian yang lebih serius dari presentasi.

Namun ada sebuah catatan. Jika Anda adalah orang yang cenderung kaku dan tidak terbiasa memberikan humor, jangan memaksakan diri. Audiens akan merasa aneh sehingga justru membuat mereka tidak nyaman dengan pembukaan Anda. Gunakan humor hanya jika Anda merasa cukup tenang dan yakin bahwa humor yang akan Anda sampaikan dan cara Anda menyampaikannya akan mampu menarik perhatian audiens.

Jangan lupa, latih pula gesture dan mimik Anda dalam menceritakan humor tersebut sehingga alami dan benar-benar mempengaruhi audiens.

Artikel Menarik Lainnya:

 
 
Ads-Header-Diskon-Khusus-Presentasi
 
 

 
 

Silakan baca artikel menarik lainnya:

About Muhammad Noer

Seorang praktisi di bidang presentasi. Baginya, menguasai keterampilan presentasi sama dengan menguasai keterampilan komunikasi publik. Dapatkan buku yang ditulisnya di sini atau baca profil lengkapnya di sini.

Sampaikan Komentar Anda

  1. Gusnawaty Anwar berkomentar:

    Pendahuluan yg panjang..tetapi tetap MENARIK karena dipengaruhi oleh SIAPA yang menyampaikannya

  2. ok.. jadi tidak membosankan

  3. Semua Tips dan Trik tidak hanya bisa dipahami dengan cukup melihat dan membaca saja, melainkan harus dipraktekkan. Jangan heran bila kita praktekkan semua teori presentasi tidak dapat kita rasakan berhasil, tidak semudah membalikkan telapak tangan, karena bagaimanapun kata kuncinya adalah "JAM TERBANG" Latihan….hanya melalui Latihan dan selalu latihan maka kita akan berhasil menjadi presenter yang baik.

  4. Terima kasih atas info yg sangat bagus ini…..

  5. matur nuwun sanget, nggih mas.

  6. doakan aku ingin jadi public speaking yang luar biasa dan terimakasih atas segala infonya.

  7. good, good, good!

  8. Salam Dashyat Pak Muhammad Noer!
    isi website anda mencerminkan pengetahuan anda yang matang dan sangat mendalam mengenai presentasi, saya akan dengan senang hati merekomendasikan website anda yakni http://www.presentasi.net di blog saya dan facebook saya.

Situs yang membuat link ke halaman ini

  1. [...] Anda orang yang kocak, manfaatkan selera humor yang Anda miliki. Jika Anda orang yang serius, manfaatkan gaya dan analisa Anda yang tajam. Jika Anda orang yang [...]

  2. [...] kesamaan dari Obama, Al-Gore, atau Steve Jobs? Mereka adalah orang-orang yang hebat ketika tampil di depan publik untuk [...]

  3. [...] ini dianjurkan oleh Nancy Duarte, konsultan komunikasi yang membantu Al-Gore merancang slide presentasi The Inconvenient Truth yang fenomenal [...]

  4. [...] lagi kelebihan dari Zaini Alif adalah kemampuannya menghibur audiens dengan gaya jenaka yang dimilikinya. Dia tampil begitu natural. Dialah zaini Alif seorang peneliti permainan [...]

  5. [...] menyaksikan film The Inconvenient Truth, tentu Anda akan sepakat bahwa presentasi yang ditampilkan Al Gore dalam film tersebut begitu memikat. Menggunakan data dan fakta terkini, Al Gore mampu mengangkat [...]

Leave a Reply