4 Teknik Menciptakan Kontras Dalam Slide Presentasi Anda

UPDATE:

Artikel di bawah ini telah dirancang dalam format video. Anda bisa menyaksikan dan mendownload videonya di sini.

 

Salah satu aspek yang penting diperhatikan dalam merancang slide presentasi adalah menciptakan kontras. Sebenarnya membuat kontras tidaklah sulit asalkan Anda memahami prinsip dasarnya dan cara apa saja yang bisa digunakan.

Dalam tulisan berikut, saya akan mengajak Anda untuk melihat 4 teknik menciptakan kontras agar slide presentasi Anda menjadi menarik, komunikatif sekaligus efektif.

 

Memahami Kontras

Kontras berarti membuat antar elemen presentasi tampak beda antara satu dengan yang lain.

Kontras akan membuat presentasi Anda menarik perhatian audiens. Slide yang tidak memiliki kontras ibarat sayur tanpa garam.

Slide itu mungkin memiliki isi yang baik dan kata-kata yang ringkas. Namun tanpa kontras akan terasa hambar dan tidak punya daya tarik. Padahal Anda ingin mempengaruhi orang lain lewat tampilan visual disamping kekuatan kata-kata yang disampaikan.

Untuk itu, Anda perlu menggunakan kontras guna menarik perhatian audiens dan membuat mereka memahami apa yang tampil di slide Anda.

Lihat contoh paling sederhana berikut ini.

kontras warna 1  kontras warna 2

Slide kiri menggunakan tampilan default Powerpoint dengan font standar Calibri. Perhatikan tidak ada kontras di sana. Ukuran font antara judul presentasi dan nama presenter meskipun berbeda tapi tidak terlalu kentara.

Bandingkan dengan slide di kanan yang masih menggunakan font sama namun sekarang menggunakan kontras yang kuat. Hanya dengan mengubah warna latar belakang dan menggunakan ukuran font lebih besar, slide di kanan terlihat jauh lebih menarik secara visual. Perhatikan bagaimana mata secara cepat akan mengarah pada judul presentasi kemudian melihat siapa presenternya.

 

Apa Fungsi Kontras?

Ketika audiens melihat slide Anda untuk pertama kalinya, mereka akan mencoba memahaminya sambil berpikir. Kontras berfungsi untuk mengarahkan perhatian audiens, membuat mereka fokus, dan membuat mereka paham perbedaan antar bagian dalam sebuah slide presentasi.

Kontras adalah sarana untuk menunjukkan mana yang penting dan mana yang tidak. Dengan kontras yang baik, audiens dengan cepat menangkap maksud Anda. Mana yang ingin ditekankan sebagai informasi utama dan mana informasi sekunder.

Kontras berfungsi untuk menarik perhatian atau “attention grabber”. Ketika audiens tertarik melihat slide Anda, maka mereka akan berusaha memahaminya. Dengan demikian Anda punya kesempatan untuk menyampaikan gagasan.

Kontras akan membuat slide Anda memiliki “stopping power” yakni sebuah kekuatan untuk membuat audiens berhenti sejenak, melihat slide Anda dan memahaminya. Dalam dunia periklanan dikenal istilah iklan yang memiliki “stopping power” di mana pemirsa dibuat berhenti sejenak dari kegiatan yang mereka lakukan untuk memperhatikan apa yang sedang tampil.

 

Bagaimana Membuat Kontras?

Ada banyak cara membuat kontras. Dalam sebuah slide, kontras yang paling penting adalah antara latar belakang dengan teks. Pastikan Anda memberikan kontras yang cukup di sana.

Selanjutnya Anda bisa menggunakan kontras dengan memanfaatkan warna, memilih font tertentu dengan ukuran font dan memberikan gambar.

 

1. Latar Belakang

Perhatikan contoh slide berikut ini.

Masih banyak orang mendesain slide yang sangat susah dibaca. Ingatlah jika Anda kesulitan untuk membaca slide di layar komputer, Audiens pun akan lebih susah lagi melihatnya dalam presentasi sebenarnya.

Perhatikan contoh slide berikut ini:

 

background bad 1  background bad 2

 

Orang yang membuat slide tersebut mungkin mengira telah memilih warna yang menarik. Padahal warna latar belakang yang membuat silau itulah yang menjadi persoalan besar. Apalagi ketika warna latar belakang membuat teks pada slide menjadi sangat sulit terbaca.

Tidak ada gunanya Anda membuat slide jika tidak bisa dibaca dengan baik oleh audiens.

Jika Anda menggunakan latar belakang terang, pastikan teks cukup gelap sehingga terlihat kontras di sana. Sebaliknya jika Anda menggunakan latar belakang yang gelap, pastikan teks menggunakan warna terang sehingga bisa dibaca.

Sebagai panduan, jika Anda menggunakan latar belakang berwarna gelap, Anda perlu ukuran font yang sedikit lebih besar dari biasanya. Ini untuk membantu agar latar belakang tadi tidak terlalu mendominasi slide Anda.

Tentu saja akan lebih mudah buat Anda mengubah ukuran font yang lebih besar jika slide Anda menggunakan lebih sedikit kata-kata.

Perhatikan slide di atas yang sudah diperbaiki. Di sini kita masih memakai latar belakang yang sama. Meskipun latar belakang tersebut terlihat murahan, setidaknya sekarang sudah memiliki kontras yang cukup sehingga bisa dibaca dengan lebih baik.

 

background optimized 1  background optimized 2

 

2. Warna

Anda bisa membuat kontras dengan memberikan warna yang berbeda. Dengan demikian audiens bisa menangkap dengan mudah maksud dari slide Anda.

Perhatikan contoh Slide Inspiratif berjudul “Menciptakan Waktu” berikut ini. Perhatikan bagaimana warna bisa menciptakan kontras dalam slide presentasi.

 

Menciptakan Waktu Produktif 02  Menciptakan Waktu Produktif 05

 

Slide kiri menggunaan font berwarna hitam dengan latar belakang putih polos. Slide ini tampak kontras dengan font yang besar dan tebal. Penggunaan kontras ini menarik perhatian audiens untuk memperhatikan teks yang tampil dan gambar jam yang mengiringinya.

Slide kanan menggunakan gambar penuh dengan warna abu-abu dan hitam. Latar belakang ini memiliki kontras dengan font berwarna kuning terang. Perhatikan bagaimana kontras pada slide ini membantu audiens untuk melihat mata orang yang tampil dalam gambar tersebut kemudian secara cepat terarah ke teks yang tampil.

Perhatikan bahwa dengan membuat kontras audiens akan tertarik untuk melihat slide Anda karena secara visual kontras membuat mata terarah ke bagian yang memiliki kontras tersebut.

 

3. Font

Kontras juga bisa dilakukan dengan menggunakan font berbeda. Perhatikan contoh Slide Inspiratif berjudul “Fokus” berikut ini. Slide tersebut menggunakan font yang berbeda untuk menciptakan kontras dan memberi penekanan pada kata yang menggunakan font lebih besar.

 

Presentasi Fokus 01  Presentasi Fokus 08

 

Pada slide kiri, kata “Fokus” menggunakan font yang besar dan warna yang dominan menciptakan kontras untuk menunjukkan penekanan pada kata tersebut. Ada dua jenis font digunakan di sana. Font berukuran kecil bergaya tulisan tangan sedangkan font berukuran besar biasa digunaan dalam poster.

Hal yang sama dapat Anda lihat pada slide di kanan di mana kata “maksimal” diberi font berbeda dengan ukuran yang juga cukup berbeda. Ini menciptakan kontras dengan latar belakang maupun teks lainnya sehingga memberi penekanan pada kata tersebut.

 

4. Menciptakan Kejutan Yang Menarik Perhatian

Anda bisa memanfaatkan kontras untuk menarik perhatian.

Misalkan dalam kumpulan sebuah slide, Anda bisa secara tiba-tiba memberikan kontras yang berbeda di akhir slide. Ini membuat audiens akan menangkap pesan Anda lebih kuat. Perhatikan contoh Slide Inspiratif berjudul “Bagaimana Tetap Produktif di Tengah Kesibukan Kerja” di bawah ini:

 

Bagaimana Tetap Produktif 02  Bagaimana Tetap Produktif 06

Bagaimana Tetap Produktif 07  Bagaimana Tetap Produktif 08

Bagaimana Tetap Produktif 09  Bagaimana Tetap Produktif 11

 

Dalam kumpulan slide ini, semua slide menggunakan latar belakang abu-abu gelap dengan gambar ukuran sedang. Tiba-tiba pada bagian akhir muncul gambar penuh satu halaman dengan warna putih terang. Ini membuat kejutan sekaligus memberi kontras untuk menekankan bagian akhir dari sebuah presentasi.

 

Itulah empat cara menampilkan kontras dalam slide presentasi Anda.

Untuk pembahasan lebih mendalam bagaimana menggunakan pendekatan desain dalam slide presentasi, Anda bisa membacanya di buku “Slide Inspiratif – Bagaimana Merancang Slide yang Menarik, Professional dan Tampil Beda”. Buku ini merupakan bagian dari Slide Inspiratif yang bisa Anda dapatkan di sini.

Kumpulan slide yang Anda lihat di atas juga merupakan bagian dari 12 Presentasi Inspiratif Seri 1 – Produktivitas.

 

UPDATE:

Artikel di atas telah dirancang dalam format video. Anda bisa menyaksikan dan mendownload videonya di sini.

Jika Anda ingin mendapatkan Slide Presentasi Inspiratif Kelas Dunia, silakan klik disini.

 
 

 
 

 
 

 
 

 

 
 

Silakan baca artikel menarik lainnya:

About Muhammad Noer

Seorang praktisi di bidang presentasi. Baginya, menguasai keterampilan presentasi sama dengan menguasai keterampilan komunikasi publik. Dapatkan buku yang ditulisnya di sini atau baca profil lengkapnya di sini.

Sampaikan Komentar Anda

  1. Terima kasih atas sharingnya Pak Noer, saya baru tau, ternyata selain seni visual dengan gambar, kontras juga berperan penting dalam suatu preentasi. Sekali lagi trims atas sharingnya ya Pak..

    • sabilul alif berkomentar:

      rahmatal lilaalamii, terimaksih mas noer,saya sangat terbantu sekali dg materi2 yg mas berikan dlm pelaksanaan tugas saya sebagai staf pimpinan di polda jatim.kalau diperkenankan minta contac personnya utk bs lebih interkatif dg mas noer.

  2. Terima kasih Kang Mas, informasi ini amat bermanfaat bagi saya untuk membuat presentasi lebih "bernyawa". Teruslah mengamalkan pengetahuan ini kepada siapa saja, insya Allah akan bermanfaat ganda, mendapat apresiasi dari publik, dan sekaligus titipan amal baik bagi tabungan akhirat Kang Mas…Wassalam…GBU.

  3. Terimakasih Mas Noer, eboknya, sangat membantu sekali menyampaikan ke audien jamaah Umroh, dg panduan yg ada dlm ebook dp menambah kepercayaan saya dlm menyampaikan informasi ke Jamaah. Sekali lagi terimakasih Mas Noer… Sukses selalu semoga Allah selalu memberi kemudahan dan kjelancaran dlm menemopuh kariernya… Aaamiiiinnnn.

  4. terimakasi banyak Pak, sungguh sebuah pelajaran yg sangat mbantu saya…salut akan keiklasan bapak. smoga Panjang Umur dan sukses slalu..

  5. Terima kasih Mas Noer, kontras memang penting sekali dalam membuat presentasi. Namun, seringkali apa yang kita lihat di laptop tak sama ketika presentasi. Seringkali kontras dilaptop tak sesuai dengan apa yang diharapkan ketika presentasi. Adakah kiat untuk menghindari itu Mas Noer? Terima kasih atas berbagi ilmunya yang tak pernah putus.

    • Bu Silvia, secara umum tampilan di layar proyektor akan lebih buram daripada tampilan di komputer/laptop. Karena itu sebaiknya waktu di laptop harus punya kontras warna yang bagus sehingga kalaupun tampil di layar nanti akan cukup terlihat bedanya. Juga jangan lupa datang lebih awal dan tes peralatan. Karena proyektor yang sudah tua kadang menampilkan warna tidak semestinya (ada warna yang hilang dll). Kalau sudah dites dan warna yang dipakai bermasalah, kita masih punya waktu untuk mengubahnya. Semoga membantu.

    • Terima kasih Mas Noer

  6. silosemedi berkomentar:

    semakin sering membaca dan belajar apa apa yang harus dilakukan saat membuat presentasi
    semakin semangat untuk bisa membuat presentasi yang menarik

    mungkin penyakit saya kalau presentasi sudah selesei dibuat dan coba koreksi lagi sepertinya masih ada aja yang kurang ,sehingga ingin merubah dan akhirnya tidak jadi.ha…ha…

    • Muhammad Noer berkomentar:

      Ayo semangat buat presentasi yang bagus Pak. Semakin sering dilatih, maka keterampilan menyajikan presentasi yang ringkas, lugas, dan efektif akan semakin terasah. Jika awalnya butuh lama untuk membuat presentasi seperti itu, lama kelamaan akan butuh waktu yang jauh lebih singkat.

  7. masshool berkomentar:

    Sangat menginspirasi……terima kasih dengan informasinya, sangat bermanfaat buat memberikan kuliah mahasiswa……tentunya..
    Bravo, tingkatkan lagi kontribusi buat umat…

  8. jatnie berkomentar:

    Kontras sangat membantu memperjelas pesan yang disampaikan.Trim`s Mas Noer semoga Allah SWT selalu memberi kelancaran dalam mengarungi hidup ini.

  9. iwan berkomentar:

    Terima kasih Mas, super sx

  10. dody darissalam berkomentar:

    Trim’s mas Noer… Saya mendapat banyak tambahan ilmu dalam membuat presentasi… semoga Presentasi saya mendapat nilai lebih dari pimpinan kami…

  11. Tks byk mas Noer, ini sangat bermanfaat buat sy dan rekan2.terutama tentang pentingnya kontras dalam presentasi.

  12. Tks byk mas Noer, ini sangat bermanfaat buat sy dan rekan2.terutama tentang pentingnya kontras dalam presentasi.

  13. Terimakasih…sudah berbagi dengan banyak kalangan..Pesannya Singkat tapi jelas…Selama ini presentasi hanya mengalir begitu saja jee….Mulai sekarang perlu dicoba sarannya mas Nur…Memadukan Gambar dan tulisan, secara Visual menarik dengan tidak meninggalkan unsur kontras….Nuwun…Semoga saran sarannya menjadi amal jariyah yang tidak terputus pahalanya….Amien.

  14. Tks Bung Muhammad Noer, saya sangat terbantu dengan tulisan-tulisan saudara. Mulai dari materi speed reading dulu sampai ke materi slide ini. Saya punya cerita khusus soal speed reading. Sebagai seorang dosen jurnalist di Universitas Islam Riau, semester genap akhir tahun 2011, suatu pagi di hari Sabtu. Hujan turun sangat lebat di Pekanbaru. Tiba-tiba seorang mahasiswi menelponku. Dia minta izin terlambat datang kuliah "membaca", karena takut kehujanan. Aku katakan kepada si Mahasiwi, bahwa dia salah telepon. Yang mengajar "membaca" bukan aku dosennya. Toh, dia bersikeras menyebut aku dosennya, karena dia telah membaca nama saya di jadwal kuliah. Namun, dia kemudian mintaa maaf jika dia salah. Aku memang bukan pengajar "membaca" tapi mengajar "Juranalis" dan "Menulis". Tetapi, saat aku melihat jadwal, memang namaku tercantum di jadwal sebagai pengajar "membaca". Terlepas apakah itu salah susun atau sengaja, aku tdak persoalkan. Aku kembali menelpon si Mahasiswi dan mengatakan memang aku harus masuk Pukul 07 WIB pagi itu. Saya segera bergegas membuka situs tentang membaca. saat itulah aku "ketemu" bapak M. Noer. Aku langsung membaca materi yang ditulis Pak M. Noer. Materinya bagus-bagus dan saya pelajari dengan saksama. Ilmu saya bertambah. Trims, Pak. Dengan materi itu saya menjadi "Dosen membaca" yang berhasil…. Anda (kamu yang mulya dalam Bahasa Melayu) Pak M. Noer memberi banyak pelajaran: mendidik sekaligus berdakwah. Yang lebih utama saku lihat justru menyentuh ihwal habblumminannas-nya. Aku sudah membaca E-Book Bapak tentang presentase ini. Luar biasa, menurutku. Semoga Allah, swt.memberi imbalan yang layak bagi sesiapa yang berbuat kebaikan. Pak M. Noer, ku yakini akan mendapatkan ridho Allah itu. Sekali lagi tks ya pak….doaku bersama Bapak, selalu…(Elwahyudi Panggabean-Pekanbaru).

    • Terima kasih untuk doanya Pak. Juga atas kisahnya yang unik :) Alhamdulillah saat ini saya diberi kemudahan menulis buku tentang Speed Reading dan Presentasi. Mudah-mudahan buku tersebut bisa bermanfaat buat orang banyak.

  15. saiful berkomentar:

    mantab…terima kasih atas pencerahannya

  16. Terima kasih atas artikelnya, sangat membantu sukses buat pak Noer.

  17. Terima kasih Mas Noer sangat bermanfaat, sudah lama saya inginkan tapi ga tau caranya, smoga menjadi ilmu yang bermanfaat bagi banyak orang dan sebagai ladang amal bagi Mas Noer untuk persiapan hari kemudian. Tetaplah berkarya untuk orang banyak dengan ikhlas.

  18. Deky berkomentar:

    Terima kasih mas….. Bisa jadi referensi saya dalam membuat presentase menjadi lebih menarik…

  19. Jelas, inspiratif, bagus.

  20. Sangat membantu, menarik dan bisa membuat presentas lebih hidup, trimakasih pak Muhammad Noer, semoga selalu sehat dan senantiasa dalam perlindungan NYA.i.

  21. Anderiasta Tarigan berkomentar:

    Two Thumbs Up, Mas Nur… Presentasi yang memukau memang sangat ditentukan oleh kontras untuk mempertahankan "loyalitas" pendengar…Ketika tak ada kejutan…ada kecenderungan pendengar akan menilai kita sebaga presenter sebagai lagu pengantar tidur…

  22. trims pak, ini untuk bekal saya seminar proposal tesis.

  23. haikal berkomentar:

    trim inspirasinya, kini bertambah lagi ilmu saya semoga yang memberi akan semakin banyak yang didapat amin.

  24. muharib berkomentar:

    bener-bener Inspiratif, smoga sukses pak

  25. sutrisno berkomentar:

    Terima kasih mas Noer, sangat bermanfaat sekali informasinya, semoga sukses selalu

  26. Afdt_art berkomentar:

    Saya sangat terkesan , sangat bermanfaat :)

  27. menarik dan menginspirasi sekli,,,
    tapi kadang masalah saya waktu presentasi adalah masalah kepecayaan diri dan mengatasi nervest..gmana ya carannya?

  28. rully berkomentar:

    Luar biasa Mas Noer sharingnya sangat membantu

  29. terima kasih mas, sehat sukses dan bahagia selalu mas. sangat membantu

  30. terima kasih mas, sehat sukses dan bahagia selalu mas. sangat membantu

  31. s.faqih berkomentar:

    Terima kasih dengan penjelasannya yang sangat membantu.

  32. eriman berkomentar:

    terima kasih mas Noer, seringkali memang kita terpaku pada warna yang dianggap menarik, padahal rada kacau dan tidak menarik kalo dilihat. Fokus pada kontras ternyata bikin presentasi lebih hidup. Dua jempol buat sampeyan mas 8 ^_^ 8

  33. muhammad arief berkomentar:

    permasalahan mengenai kontras adalah permasalahan klasik yang sering saya temui dalam presentasi makalah, setelah membaca tips presentasi ini dan komentar dari ibu silvia beserta jawaban dari Mas Noer, cukup membuat saya puas

  34. Rain Kusuma Ardiant berkomentar:

    artikel yang menarik sangat memberikan informasi tentang bagaiman presentasi yang baik… Trims

  35. Aaron Arun Benjamin Poon berkomentar:

    AQuenza Nur Izzati Jantai McQueen yang ni best.

  36. Aaron Arun Benjamin Poon berkomentar:

    Terima kasih… Abg Muhd Noer…

  37. Jantai McQueen berkomentar:

    Terima Kasih Abg Muhd Noer…

  38. Jalal berkomentar:

    Sangat bermanfaat, terima kasih atas pengetahuannya…

  39. TERIMA KASIH PANDUAN PRESENTASINYA.

  40. sangat bermanfaat.terima kasih mas nur,salam kenal

  41. membuat slide yg bingkainya gerak terus gmana ya?

Situs yang membuat link ke halaman ini

  1. [...] cerita, menjelaskannya dalam gambar, dan belajar prinsip-prinsip penting dalam desain presentasi: kontras, harmoni, repetisi, alignment, dan [...]

  2. [...] Ada kalanya slide Anda hanya perlu menggunakan teks. Belajarlah menampilkan teks tersebut dengan lebih menarik tanpa harus membuatnya menjadi bullet point. Salah satunya bisa Anda lakukan dengan menciptakan kontras. [...]

  3. [...] pertama slide presentasi tanpa gambar adalah kontras. Upayakan warna latar belakang dan warna font sangat berbeda satu sama lain, sehingga tulisan akan [...]

  4. [...] Untuk memperoleh efek kontras yang tidak standard sehingga lebih mampu menarik perhatian audiens, kita dapat menambahkan “papan [...]

  5. [...] di sana untuk membuat slide Anda lebih menarik dengan tampilan slide yang mudah dibaca, memiliki kontras yang baik, layout dan penempatan yang tepat. Berikut adalah contoh hasil akhir, dari teks yang sudah [...]

  6. [...] gratis adalah font dekoratif. Oleh karenanya gunakan hanya sebagai teks-teks yang ditonjolkan atau kontras pada slide saja, bukan untuk teks utama yang memuat banyak [...]

  7. […] apa yang Anda tulis bisa dilihat dengan baik oleh semua audiens, tetap berpeganglah pada warna kontras yang baik, seperti hitam, biru atau merah. Pastikan juga Anda menjaga konsistensi warna supaya dampak yang […]

  8. […] 4 Teknik Menciptakan Kontras Dalam Slide Presentasi Anda […]

Leave a Reply