Tips Mempersiapkan Presentasi Sidang Skripsi yang Baik dan Benar

Presentasi_Skripsi

Detik-detik menjelang sidang skripsi adalah saat-saat paling mendebarkan bagi kebanyakan mahasiswa. Tidak sedikit mahasiswa yang stres karena terlalu khawatir memikirkannya. Namun begitu, sidang skripsi pasti dilalui dan tidak bisa ditolak. Karena ini sudah menjadi bagian dari tugas akademik yang harus ditempuh oleh mahasiswa untuk menyelesaikan kuliahnya. Jadi Anda sebagai mahasiswa akan tetap melakukannya.

Masalah umum yang sering dialami oleh kebanyakan mahasiswa saat sidang skripsi adalah saat presentasi skripsi dan saat menghadapi pertanyaan-pertanyaan yang diajukan dewan penguji. Inilah dua hal utama yang sering jadi momok yang ditakuti kebanyakan mahasiswa. Sebenarnya ini tidak perlu terjadi, jika saja para mahasiswa mampu melakukan persiapan dengan baik dan menguasai teknik presentasi skripsi dengan baik.

Karena alasan itulah dalam artikel ini saya akan berbagi tips bagaimana menampilkan presentasi sidang skripsi dengan baik dan benar sekaligus meyakinan. Tips ini dikhususkan buat teman-teman mahasiswa, namun begitu bagi Anda yang bukan mahasiswa semoga bisa menjadi tambahan pengalaman baru buat Anda. Saya membagi tips menjadi tiga tahap, yaitu tahap persiapan, tahap membawakan dan tahap tanya jawab.
 

Tahap Persiapan

 

1. Kuasailah materi skripsi dengan baik

Apa yang akan disampaikan dalam presentasi skripsi adalah hasil penelitian yang sudah dilakukan selama berbulan-bulan. Apapun jenis penelitian skripsi Anda, mulai dari skripsi akuntansi, skripsi manajemen sampai skripsi teknik informatika. Jika penelitian tersebut dilakukan melalui proses yang benar dan sungguh-sungguh, maka menguasai materi presentasi skripsi tersebut akan menjadi jauh lebih mudah.

Namun masalahnya tidak semua mahasiswa melakukan proses penelitian dengan baik. Mereka tidak mengikuti prosesnya dengan benar, mereka tidak mempelajarinya bahkan tidak sedikit mahasiswa yang skripsinya dikerjakan orang lain tanpa meraka tahu kerangka berpikir dari skripsi tersebut. Alhasil mereka bingung saat sidang skripsi sudah mulai dekat. Mereka takut, tidak siap dan merasa tidak menguasai materi skripsi yang akhirnya membuat mereka stres.

Cara terbaik yang bisa Anda lakukan adalah dengan bersungguh-sungguh mengerjakan skripsi mulai dari mengajukan judul, membuat proposal skripsi, memperdalam kajian teori, melakukan penelitian, menulis hasil penelitian, melakukan bimbingan, melakukan revisi dan mempelajarinya. Semua itu adalah modal utama Anda dalam presentasi skripsi. Percayalah dengan melakukan semua hal tersebut Anda akan menguasai materi dengan baik. Dan Anda akan jauh lebih siap, bahkan jauh-jauh hari sebelum sidang skripsi itu tiba.

Mungkin Anda bertanya kenapa persiapan harus dimulai dari pengajuan judul? Jawabannya sederhana karena membuat judul adalah langkah awal dalam menyusun skripsi. Dan untuk membuat judul diperlukan sebuah alasan. Alasan inilah yang menjadi kerangka berpikir awal kenapa judul yang dipilih layak untuk diajukan. Jika tahap ini bisa dilakukan dengan baik maka proses selanjutnya akan semakin mudah. Dan Anda telah mampu melakukan bagian terpenting dalam persiapan presentasi skripsi.
 

2. Siapkan mental

Saat sidang skripsi sudah mulai dekat, rasa cemas biasanya tetap muncul. Ini adalah hal yang wajar. Untuk mengatasinya katakan pada diri Anda sendiri bahwa Anda sudah siap. Hilangkan pikiran-pikiran negatif dalam diri Anda.Yakinkan diri Anda, bahwa Anda sudah menguasai materi Anda dengan baik. Selain itu perbanyaklah berdoa, karena doa akan membuat Anda jauh lebih tenang dan optimis dalam menjalani apa yang sudah menjadi tugas dan tanggung jawab Anda sebagai mahasiswa. Ini bukanlah saran yang klise atau teoritis belaka. Saya pernah melakukannya dan saya yakin semua mahasiswa yang sukses dalam sidang skripsi juga melakukannya.
 

3. Kenali siapa dosen penguji Anda

Perlu Anda ingat presentasi dalam sidang skripsi Anda tampilkan dihadapan dewan penguji yang terdiri dari beberapa dosen penguji. Jadi mengenali siapa-siapa dosen penguji Anda adalah salah satu hal penting yang tidak bisa Anda lewatkan. Dengan mengenali masing-masing dosen penguji Anda, bagaimana karakternya, bagaimana cara mereka bertanya dan sebagainya akan membuat Anda jauh lebih tenang saat sidang berlangsung. Bagaimana mengenali mereka? Caranya sederhana, silahkan Anda hubungi kakak kelas atau siapa saja yang Anda kenal yang pernah melakukan sidang skripsi sebelumnya. Tanyakan bagaimana biasanya dosen-dosen penguji tersebut memberikan pertanyaan, bagaimana biasanya mereka mengkritisi dan lain sebagainya. Selain itu Anda juga bisa menghadiri beberapa sidang skripsi lain. Lakukanlah pengamatan selama sidang berlangsung dan catat poin-poin penting yang Anda lihat. Lakukan ini dengan baik, karena dengan mengenali audiens ini akan menjadi modal berharga bagi diri Anda saat tampil melakukan presentasi skripsi nantinya.
 

4. Susunlah slide presentasi skripsi dengan baik

Menyusun slide presentasi untuk sidang skripsi bisa dibilang tidak mudah. Dibutuhkan sebuah pemikiran dan kerja keras untuk memilih konten yang harus ditampilkan dalam tiap slide, grafik, gambar, serta struktur presentasi yang akan Anda sampaikan.

Dalam membuat slide presentasi untuk sidang skripsi kita harus mengedepankan aspek kesederhanaan dan kejelasan. Sederhana maksudnya setiap kalimat yang Anda tampilkan dalam slide harus singkat dan mudah dipahami. Sedangkan kejelasan maksudnya penggunaan latar belakang, warna, jenis font dan ukuran font harus mudah dibaca.

Ingat presentasi skripsi itu tidak lama, maksimal 20 menit, bahkan tidak jarang waktu yang diberikan kurang dari itu, bisa 10 menit atau 15 menit. Untuk itu buatlah slide presentasi skripsi sesuai dengan kebutuhan dan yang terpenting slide tersebut harus memuat latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan penelitian, hipotesis (jika menggunakan hipotesis), metode penelitian, hasil penelitian (kalau ada data-data angka tampilkan dengan tabel dan grafik), kesimpulan dan rekomendasi.
 

5. Lakukan latihan presentasi skripsi dengan baik

Berlatih adalah cara terbaik untuk membuat presentasi skripsi berjalan dengan baik. Dengan latihan Anda akan lebih percaya diri, mampu menyesuaikan apa yang Anda sampaikan dengan waktu yang ada, serta menemukan cara terbaik untuk menyampaikan presentasi. Berlatihlah sendiri di depan cermin, di depan teman-teman dan visualisasikan kesuksesan Anda. Jika sampai tahap ini Anda bisa melakukannya dengan baik maka peluang Anda untuk sukses dalam presentasi skripsi semakin terbuka lebar.
 

Tahap Membawakan

Dalam tahap ini kita akan belajar tentang bagaimana membuka presentasi, memaparkan isi dan menutup presentasi.
 

1. Membuka presentasi skripsi

Membuka presentasi dalam sidang skripsi adalah salah satu tahap yang menurut saya tidak mudah dilakukan. Dibutuhkan sebuah pemikiran yang matang sebelum Anda melakukannya. Anda harus benar-benar memikirkan kalimat apa yang paling tepat Anda sampaikan saat berdiri pertama kali di depan dewan penguji. Jangan sampai Anda menunjukkan diri bahwa Anda tidak siap, dengan pembukaan yang buruk. Seperti meminta maaf atau kalimat lain yang menunjukkan bahwa Anda sebenarnya tidak siap.

Saran saya bukalah presentasi skripsi Anda dengan santun dan penuh keyakinan. Caranya sampaikan salam, ucapan terima kasih, kemudian jelaskan topik yang akan Anda sampaikan. Tunjukkan keyakinan Anda dengan bahasa tubuh yang baik dan intonasi suara yang jelas. Silahkan Anda simak contoh berikut:

“Assalamu’alaikum, selamat pagi, salam sejahtera buat kita semua”

“Pada kesempatan ini saya ingin mengucapkan terima kasih kepada dewan penguji (sebutkan nama masing-masing dan gelar) yang telah mempersilahkan saya untuk mempresentasikan skripsi yang berjudul Pengaruh Layanan Informasi Terhadap Pemahaman Potensi Diri Siswa Kelas VIII SMP Samaran II tahun pelajaran 20XX “.

Setelah Anda membuka dengan kalimat seperti contoh di atas, Anda bisa melajutkannya dengan menjelaskan poin-poin yang akan dibahas atau bisa juga menyampaikan isi presentasi skripsi Anda seperti sebuah narasi tanpa Anda plot dalam poin-poin. Silahkan simak contoh berikut:

“Ada tiga hal yang akan saya sampaikan dalam presentasi ini. Pertama, tentang alasan pemilihan judul yang mencakup latar belakang masalah, rumusan masalah dan tujuan penelitian. Kedua, tentang motode penelitian yang mencakup jenis penelitian, subjek penelitian, variabel penelitian, teknik pengumpulan data dan teknik analisis data. Ketiga tentang hasil penelitian yang akan memaparkan hasil temuan selama melakukan penelitian”

Atau:

“Hery Wibowo dalam bukunya Fortune Favor The Ready menjelaskan bahwa pemahaman terhadap potensi diri sangat penting karena merupakan titik tolak pertama dalam pencapaian cita-cita. Dan salah satu tempat yang sangat penting untuk mengantarkan seseorang menjadi pribadi yang cemerlang, pribadi yang mampu mengembangkan potensi dirinya secara optimal adalah sekolah”.

Dua contoh diatas adalah bentuk pembukaan presentasi, namun menggunakan pendekatan yang berbeda. Pertama kita menjelaskan poin-poin yang akan dibahas. Kedua, kita membuka presentasi dengan kutipan kemudian membuat narasi yang akan mengantarkannya pada alasan pemilihan judul dan seterusnya.

Anda dapat mengeksplorasi sendiri jenis pembukaan seperti apa yang akan Anda sampaikan. Yang terpenting sampaikan pembukaan Anda tersebut dengan santun dan meyakinkan. Percayalah pembukaan ini akan jadi modal penting dalam melanjutkan sesi presentasi skripsi Anda seterusnya.
 

2. Menjelaskan isi presentasi skripsi

Dalam tahap ini Anda harus mampu menjelaskan isi presentasi skripsi Anda dengan terstruktur dan jelas. Jika Anda mengawali presentasi dengan menjelaskan poin-poin yang akan dibahas maka dalam pembahasan jangan sampai Anda melewatkan apapun yang sudah Anda mulai sebelumnya. Namun jika Anda membuka presentasi skripsi dengan sebuah narasi, maka pembahasan Anda harus terstruktur dengan baik. Supaya dewan penguji atau audiens yang mendengarkan Anda memahami bagian-bagian dari apa yang Anda sampaikan dengan baik.

Selain itu gunakanlah bahasa Indonesia dengan baik dan benar. Anda harus ingat presentasi skripsi itu bersifat formal, jadi penggunaan bahasa yang baik akan memberikan kesan yang baik untuk penampilan Anda. Satu lagi jangan lupa gunakan bahasa tubuh Anda dengan baik untuk memperkuat setiap gagasan yang Anda tampilkan.
 

3. Menutup Presentasi Skripsi

Dalam presentasi sidang skripsi ada dua cara penutupan presentasi yang baik. Pertama menyimpulkan isi dari presentasi yang biasanya juga kesimpulan dari isi skripsi. Kedua, menyampaikan rekomendasi. Rekomendasi ini Anda sampaikan kepada pihak-pihak terkait yang akan menggunakan hasil penelitian Anda atau yang akan meneruskan penelitian Anda di masa mendatang.
 

Tahap Tanya Jawab

Dalam tahap ini Anda akan belajar bagamana strategi menghadapi sesi tanya jawab dengan baik dan meyakinkan. Apa saja yang perlu Anda lakukan?
 

1. Jadilah pendengar yang aktif

Berhasil atau tidaknya Anda memberikan jawaban dengan tepat sangat dipengaruhi oleh kemampuan Anda mendengarkan. Maka yang harus Anda lakukan adalah menjadi pendengar yang baik dengan mendengarkan secara aktif. Caranya pusatkan perhatian Anda, tunjukkan antusiasme Anda dan berikan umpan balik jikalau ada pertanyaan yang kurang Anda pahami saat sesi tanya jawab berlangsung.
 

2. Ambil jeda

Sebelum Anda menjawab, ambilah jeda beberapa detik untuk memikirkan cara terbaik dalam menjawab pertanyaan. Hal ini memberikan lebih banyak kesempatan kepada Anda untuk menyiapkan jawaban yang bagus. Para dosen penguji pun akan memaklumi dan menerima jeda sebentar tersebut sebelum Anda memberikan jawaban ataupun tanggapan.
 

3. Berikanlah jawaban dengan penuh keyakinan

Setelah Anda mengetahui jawaban atas pertanyaan dosen penguji, segera jawab pertanyaan tersebut dengan jelas. Berikan jawaban ringkas jika waktunya terbatas, perluas jawaban Anda jika waktunya cukup longgar. Jika pertanyaan terkait dengan hasil atau proses penelitian Anda maka jawablah apa adanya seperti apa yang Anda lakukan saat melakukan penelitian. Namun jika pertanyaannya bersifat teoritis maka berikan jawaban dengan dasar yang kuat, seperti merujuk pendapat para ahli, hasil survei dan lain-lain. Dan satu lagi hindari jawaban dengan menggunakan kata “mungkin”. Karena kata mungkin menunjukkan ketidakyakinan dan bahkan bisa menimbulkan interpretasi baru yang bisa menyebabkan pembahasan akan meluas. Ini malah akan menyulitkan Anda. Jadi berpikirlah dengan cermat, pikirkan jawaban ataupun tanggapan terbaik Anda dengan jelas dan meyakinkan.

Setelah sesi tanya jawab selesai, berarti selesai sudah keseluruhan presentasi skripsi Anda. Namun sebelum Anda mengakhirinya, sampaikan terima kasih atas saran, masukan dan kritik yang diberikan dewan penguji. Katakan Anda akan segera melakukan perbaikan jika ada yang yang perlu diperbaiki. Setelah itu hampiri dewan penguji Anda, jabatlah tangan mereka dengan tersenyum apapun hasil dari sidang skripsi Anda.

Demikianlah tips bagaimana menampilkan presentasi sidang skripsi dengan baik dan benar sekaligus meyakinkan. Intinya lakukan persiapan dengan sebaik-baiknya, tampilkan presentasi skripsi Anda dengan baik, terstruktur dan meyakinkan, serta berikan jawaban terbaik untuk setiap pertanyaan. Lakukan semua itu dengan baik, maka kesuksesan presentasi sidang skripsi akan jadi milik Anda.

Artikel Menarik Lainnya:

 
 
Ads-Header-Diskon-Khusus-Presentasi
 
 

 
 

Silakan baca artikel menarik lainnya:

About Rona Binham

Seorang pendidik, praktisi presentasi, penulis dan blogger pendiri cafemotivasi.com. Dia mengajar, melatih, menulis dan terus berusaha memberikan motivasi dan inspirasi kepada semua orang. Dengan sebuah motto “Orang hebat adalah orang yang hidupnya penuh inspirasi dan menginspirasi.” Simak di sini profil lengkapnya.

Sampaikan Komentar Anda

  1. Hery Christanto berkomentar:

    Terima kasih banyak tipsnya. sangat membantu dalam ujian tesis saya. salam dari denpasar.

  2. Wah, teorinya banyak banget?

  3. Tips yang komplit, terima kasih. Salam dari bekasi

  4. terimakasih, informasinya OK banget.

  5. Siap bos, atas kirimanya semoga menjadi amal amiiin.

  6. Maria berkomentar:

    Luar biasa…..kebetulan sekarang lagi persiapan untuk skripsi mantap…semoga ,membawa berkah untuk yang lain

  7. gunawan berkomentar:

    Terima kasih atas tulisannya pak, semoga bermanfaat bagi kita semua

  8. Sugeng Santoso berkomentar:

    alhamdulillah..terimakasih sharing pengetahuan praktisnya..

  9. Sugeng Santoso berkomentar:

    alhamdulillah..terimakasih sharing pengetahuan praktisnya..

  10. Sugeng Santoso berkomentar:

    alhamdulillah..terimakasih sharing pengetahuan praktisnya..

  11. terimakasih,. sangat membantu dan menambah pengetahuan saya ,.

  12. Teman-teman semua terimakasih atas umpan baliknya. Saya sangat senang bila tulisan tersebut bermanfaat bagi teman-teman semua. Khusus bagi teman-teman yang mau sidang skripsi semoga di berikan kemudahan dengan hasil terbaik

  13. dadi sutisna berkomentar:

    Terima kasih atas tipsnya, sangat bermanfaat dan menjadikan suatu mtivasi bagi saya. Salam dari Bandung!!

  14. Intinya : Penguasaan Materi dan Diri. Jangan pernah memaksakan suatu presentasi yang tidak dikuasai apalagi dihadapan sosok-sosok yang yang “berkuasa”, tanpa dilandasi dengan “pertolongan Hyang Maha Kuasa”. Pengalaman saya dimana segalanya sudah disiapkan, namun kenyataannya “hadirin” lebih seneng ngobrol bebas dengan pertanyaan yang sudah dibenak mereka. Tidak sampai 10 mneit. Deal> Sisa waktu lain malah butuh ngobrol santai. Ya ampun, jadi kunci utama adalah “doa” dan profesionalisme.

    • Terimakasih pak Yohanes atas umpan baliknya. Benar sekali pak, doa memang sangat penting dalam segala hal. Karena semua yang kita upayakan akan berhasil jika Tuhan mengizinkan itu semua. Doa yang diiringi dengan keyakinan dan usaha yang sungguh-sungguh akan mempermudah setiap hal kita lakukan. Semoga pak Yohanes dan keluarga selalu sehat. Salam…

  15. Selamat buat Mas Rona atas tulisannya yang sangat komprehensif membahas presentasi skripsi. Saya yakin tulisan ini membantu banyak pembaca yang saat ini sedang kuliah dan akan menghadapi presentasi skripsi dan tesis mereka.

    Keep up the good work.

    • Terimakasih pak Noer. Ini semua juga karena dukungan dari bapak dan tim, serta pembaca semuanya. Saya berharap semoga bisa selalu memberikan yang terbaik buat masyarakat Indonesia, khususnya untuk pembaca setia presentasi.net.

      Sukses terus buat pak Noer dan tim. Terimakasih

  16. herzan berkomentar:

    pas banget mau pendadaran,,terima kasih

  17. sangat membantu, trims.

  18. Terimakasih banyak pak Rona Binham, akan saya infokan juga ke mahasiswa saya terutama anak bimbingan saya…….

  19. Sama-sama Bu..semoga bermanfaat untuk teman-teman mahasiswa dan juga buat anak bimbingan ibu..terimakasih juga atas umpan baliknya. Sukses selalu buat bu Ruki Dartum

  20. rudi berkomentar:

    mantap mas brooooooooooooo

  21. terimakasih infonya sangat bermanfaat, saya akan ujian skripsi tgl 14 mei ini. :)

  22. anianiani berkomentar:

    terima kasih pak atas tips tips nya
    sangat membantu saya dalam penyusunan tugas akhir

  23. Terima kasih sekali atas infonya.. sangat membantu saya dlm mempersiapkan ujian skripsi di UKSW bentar lagi ^_^.. Salam Sukses dari Salatiga.

  24. pengertian dari presentasi itu apa sih? kalau biasa dijawab berdasarkan pendapat para ahli y, krn saya lagi cari pengertian dari presentasi itu, tolong di jawab ya. Thanks

  25. Memang sebelum kita tampil kita harus memiliki konsep lebih awal…..

    kmudian sa'at dosen menguji kita maka kita memakai konsep tadi hingga terarah pembahasan skripsi.
    manakala kita harus banyak2 membaca…… kemudian harus memakai bahasa indonesia yang baik dan benar agar nanti kita sndiri gak bingung maka dosen pula lebih paham apa yang kita paparkan..

  26. God Job..
    Info ini merupakan masukan yang sangat bermanfaat untuk saya..
    terima kasih :)

  27. Cherry Nesia Winnetou berkomentar:

    Good Job.
    info ini sangat bermanfaat untuk saya.
    terima kasih.. :)

  28. Ardiansyah Budilaksana berkomentar:

    Dear Pak Muhammad Noer,
    Many thanks for your Books or Article in this Website,
    It so greatest book, and full science of presentation.

    I respect to your book, cause the contents of your book as a whole contains the meaning which extraordinary..

    Salam Super,
    Ardie

  29. thx ya
    sangat berguna

  30. jadi tambah wawasan,…trimakasih ,….

  31. sangat berharga sekali,..terimakasih.

  32. sipp

  33. waaahh…pas banget ne info nya. krna sy mau sidang.
    makasi y

  34. sangat berharga buat aku,, lagi sbuk dngan skripsi,, trimakasih.

  35. Terima kasih atas tulisanx,, membuat saya semakin siap menghadapi ujian..

  36. Terimakasih teman-teman atas umpan baliknya. Semoga sukses untuk ujian skripsinya.
    Salam

  37. Agus Cemple berkomentar:

    thanks info2 nya sangat membantu bagi saya.

  38. trimakasih mas…, sangat membantu ni.
    smoga ilmu'y barokah…

  39. (Y) (Y)

  40. terima ksih atas tips yang diberikan,,smga tips ini bermanfaat buat orang banyak Amin

  41. terimakasih….. :-)

  42. terimakasih.. ini sangat membantu saya ^_^.

  43. trimakasih

  44. Fakhrizal Arsi berkomentar:

    Makasih banyak ilmunya. Saya minggu ini insya Allah sidang, jadi merasa terbantu :)

  45. trimaksih

  46. alhamdulillah. trimakasih.

  47. smngt kawan

  48. mksh vel….. ikh… deg-degan vel

  49. terimakasih banyak ilmunya. jadi tambah pengetahuan. keren abizzzzzzzzzz………..

  50. Nurul Annisa berkomentar:

    makasih tipsnya min. saya sidang besok. mohon doanya ya. hheheeh

  51. Terima kasih,,, tipsny sangat bagus:)

  52. Novianti Nurindah Sari berkomentar:

    bagus nih buat ntar sidang.

  53. deg2-an

  54. sip jos gandos…

  55. Ia Nkqur berkomentar:

    terima kasih tipsnya ^_^.

  56. sangat bermanfaat , makasih.

  57. terima kasih

  58. bu nh saya kelas 92 tugas nya udh di kirim

  59. bu nh saya dika emba.s kls 92 tugas nya udh di kirim di pesan

  60. Lambs berkomentar:

    Wah bagus banggat persiapan bulan depan Thanks for share

  61. Terima kasih banyak atas infonya, sangat membantu untuk penerus bangsa yang sedang merencanakan sidang sarjananya…

  62. macasi infonya,,,

  63. elda berkomentar:

    thanks sngat bermanfaat dan berguna bagi saya.

  64. Esty Dewantini berkomentar:

    sgt bermnfaat bgt kbtlan lg butuh untuk persiapan sidang.,
    biasanya minimal slide untuk sidang berapa slide ya ka?

  65. ntah kt apa yg co2k untuk di sampaikn,,, pencerahan ini sungguh sngt berharga menghadpi sidang nanti…. terimaksih atas pencerahannya… sdra betul2 pahlawan bwt sya

  66. terima kasih
    saya yakin ini akan sangat bermanfaat

  67. cukup bgus tulisannya

  68. Buat teman-teman terimakasih atas umpan baliknya, kami dari presentasi.net sangat senang jika yang kami sajikan bermanfaat untuk teman-teman semua. Semoga sukses buat teman-teman yang akan menghadapi sidang

  69. Wahid Mustofa berkomentar:

    Sangat bermanfaat Mas Broww…Apalagi saya tinggal tunggu waktu itu datang.Mdh2an lancar…Aaminn..Lanjut Mas Broww..Thanks’…

  70. Amri Wicaksono berkomentar:

    kerenn thx gan

  71. keren…
    thx informasinya…
    semoga informasi ini dapat dibaca oleh semua mahasiswa…

  72. thanks….atas tipsnya

  73. thanks sangat bermanfaat bagi saya yg insyaallah saya akan sidang skripsi scepatnya

  74. makasih atas insprasi ya, mudah- mudahan untuk semua yg mau sidang dapat nilai yang memuaskan
    aminn …

  75. thanks sangat membantu .. saya akan sidang skripsi secepatnya ..

  76. thanks a lot

  77. wah, beruntung skli trimksih mas…rabu ini saya ujian, smg bs mngamalkn dgn baik dan berkah tentunya…amiin. :)

  78. Sama-sama, semoga sukses dengan ujiannya.

  79. mantep"

  80. Khairiiah berkomentar:

    hayuuuuuuu isuk sidang

  81. Rita Fatimah berkomentar:

    terimakasih pak Rona atas tipsnya.. sangat membantu untuk saya.. dan mohon doanya agar sy diberi kemudahan & kelancaran dlm sidang :) februari ini mau daftar sidang

  82. "

    Makasi atas smua inspirasinya,
    smoga smua anak bangsa sempat membacanya..

    "

  83. Wiwid'a Babhe Yunathan berkomentar:

    makasih :) sangat bermanfaat

  84. bsok aq sidang, doakn aq yh..

  85. terimakasih banyak atas inspirasinya, ini sangat bermanfaat bagi saya, semoga saya bisa menguasai dan menyelesaikan skripsi saya dengan baik.
    aminn………………….ya robbal alaminn……….

  86. daud nafi berkomentar:

    terima kasih, sangat membantu.
    Gbu

  87. Thank's ya,,,,

  88. Terima kasih banyak om atas pencerahannya. ini sangat membantu saia dalam menghadapi ujian skripsi saya.

  89. terimakasih banyak atas tips2nya,,

  90. Tip yang bagus,,,membantu buat persiapan Ujian Skripsiku

  91. Mazzydah Lela berkomentar:

    terimakasih…:)

  92. Mazzydah Lela berkomentar:

    terimakasih…:)

  93. Waraaah sidang :D

  94. Sangat membantu, terimakasih :)

  95. Alessandro Dwiero Soemoatmodjo berkomentar:

    terima kasih atas tips nya, sangat bermanfaat banget nih bakal sidang nanti (y)

  96. terimakasih atas inspirasinya, hal ini sangat bermanfaat bagi saya yang sbentar lgi akan mnghadapi ujian skrpsi, smoga sya mampu menguasai materi dan lulus ujian skrpsi…, amiinn… ya robbal'alamin

  97. terimakasih atas inspirasinya, hal ini sangat bermanfaat bagi saya yang sbentar lgi akan mnghadapi ujian skrpsi, smoga sya mampu menguasai materi dan lulus ujian skrpsi…, amiinn… ya robbal'alamin

  98. aduh kaya nya gua gx bisa dech ,, tapi setelah membaca petunjuk yg di atas
    gua harus yakin deh

  99. tks, tips sangat membangtu..

  100. asyik… boss..

  101. thanks , bermanfaat untuk pembaca ,,,,,,

  102. thanks a bunch

  103. terima kasih buat infonya :D

  104. thanks u.. sangat bermanfaat buat sya..

  105. thanks….

  106. terima kasih tips nya kak

  107. Terimakasih untuk tipsnya,bermanfaat banget buat saya yg tinggal menghitung hari menghadapi sidang. Thanks masbro

  108. Sama-sama mas Made, semoga sukses dengan sidangnya.

Leave a Reply